Opini: "Merasai" UN CBT

Written By wartini cantika on Rabu, 15 April 2015 | 11.37

Kurniati, Guru SMKN 1 Sungailiat/Pengawas UN

Hari ini telah memasuki hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk peserta didik jenjang SMA/sederajat. Seperti yang pernah diberitakan, telah dirancang pola baru pelaksanaan UN pada tahun 2015 ini yang dilaksanakan dengan sistem computer based Test (CBT) dan paper based test. Dan sistem komputer ini telah dilakukan di beberapa sekolah percontohan di Indonesia.

Jadi pada tahun ini, tahun Pelajaran 2014/2015 pelaksanaan Ujian Nasional selain menggunakan LJUN (lembar jawaban Ujian Nasional), juga diselenggarakan pula ujian dengan menggunakan komputer (Computer Based Test/ CBT) bagi sekolah yang ditunjuk, (seperti enam sekolah di Provinsi Bangka Belitung, hasil pengamatan Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Hasil yang dirasakan dengan riak yang tampak dari pelaksanaan UN CBT kali ini sangat signifikan menurut penulis. Melalui UN CBT jelas tampak perubahan yang beragam. Yang tentunya semua menghapus keraguan dan ketakutan akan "ketidaknyamaan" pelaksanaannya. Pelaksanaan UN CBT khususnya di Kabupaten Bangka telah berjalan dengan sangat lancar.

Karena melalui sistem ini tidak saja pemerintah, dinas pendidikan, dan sekolah tak hanya harus mempersiapkan alat yang "siap", namun juga teknologi dunia pendidikan keseluruhan, mengingat prosedur yang harus dijalani merupakan suatu prosedur kompleks yang mengikat sinergi semua praktisi pendidikan yang ada di sekolah tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa UN merupakan salah satu bentuk evaluasi pendidikan yang telah diatur dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1, bahwa evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggara pendidikan.

Serta kita meyakini pula Ujian Nasional pada intinya merupakan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, sebagai salah satu alat ukur dalam evaluasi pembelajaran di sekolah.


Anda sedang membaca artikel tentang

Opini: "Merasai" UN CBT

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/04/opini-un-cbt.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Opini: "Merasai" UN CBT

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Opini: "Merasai" UN CBT

sebagai sumbernya

2 komentar:

IBU PUSPITA mengatakan...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,jangan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohan dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI












Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,janan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohon dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI

ica anjasari bogor mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger