Opini: Kenali Dirimu!

Written By wartini cantika on Jumat, 10 April 2015 | 11.37

Opini: Satera Sudaryoso, Dosen STAIN Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Problem terbesar manusia modern kerap dimotori oleh kitidakmampuannya untuk memahami hakikat diri terdalam. Hal ini ditandai dengan kegaluan akut dan aliniasi diri yang sering menerpa kehidupannya. Problem demikian, disebut oleh Seyyed Hossein Nasr sebagai penyakit amnesis (lupa akan siapa sebenarnya ia).

Pirus lupa diri dan alineasi jiwa memang telah banyak dibahas dan dicarikan solusinya oleh para ahli dalam pelbagai bidang disiplin ilmu. Kendati telah memberi arti tersendiri, problem tersebut justru semakin membahayakan, bahkan mematikan.

Problem Kemanusiaan

Problem masyarakat modern bertumpu pada ketidakmampuannya untuk mengenal siapa dia sesungguhnya. Bukti dari ketidaktahuannya terhadap diri ini adalah tidak harmonisnya hubungan manusia dengan sesama, dengan alam semesta, bahkan dengan Tuhan.

Orang yang tidak mengenal dirinya adalah dia yang tidak mampu berdamai dengan hatinya. Orang yang demikian ini dapat membahayakan dirinya pribadi, bahkan cenderung menyengsarakan orang lain, seperti mereka yang meresahkan masyarakat akhir-akhir ini melalui aksi terorisme, begal, dan perang. Orang yang tidak mengenal dirinya juga tidak mampu berdamai dengan alam semesta atau lingkungannya. Orang yang demikian menjadikan dirinya sebagai musuh bagi sesuatu selain dirinya.

Problem tersebut tak lain merupakan ekpresi dari gejolak batin yang tak mampu dikendalikannya. Jangankan berdamai dengan alam dan Tuhan, dengan diri sendiri pun ia berperang. Orang yang demikian cendrung egois, arogan, dan eksploitatif terhadap alam. Akibatnya, alam dan lingkungan menjadi rusak.


Anda sedang membaca artikel tentang

Opini: Kenali Dirimu!

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/04/opini-kenali-dirimu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Opini: Kenali Dirimu!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Opini: Kenali Dirimu!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger