Polisi Sinyalir Ada Orang Indonesia yang Jadi Donatur ISIS

Written By wartini cantika on Sabtu, 14 Maret 2015 | 11.37

BANGKAPOS.COM — Wakil Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti mengatakan, Polri hingga kini belum dapat memastikan bagaimana perekrutan anggota Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) asal Indonesia. Namun, Polri telah mengendus keberadaan donatur yang memberangkatkan para WNI yang ingin bergabung dengan ISIS.

"Rekrutmennya yang jelas sampai saat ini belum ada yang terbuka. Tetapi, ada yang sudah bisa kami deteksi, ada beberapa yang dibiayai oleh satu orang," kata Badrodin di Mabes Polri, Jumat (13/3/2015).

Sementara itu, saat ditanya mengenai identitas donatur tersebut, Badrodin enggan membeberkannya. Hanya saja, ia memastikan bahwa donatur itu adalah orang Indonesia juga. Ia menambahkan, Polri hingga kini belum berhasil menangkap donatur itu.

"Belum (ditangkap)," katanya.

Berdasarkan data pemerintah, saat ini ada 514 WNI yang diduga bergabung dengan ISIS. Dengan mulai masifnya penyebaran pengaruh ISIS, pemerintah akan segera melakukan rapat dengan jajaran terkait untuk mengatasi penyebaran ISIS di Indonesia. Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah dengan penerbitan aturan terkait Undang-Undang Tindak Pidana Terorisme.

Sebelumnya diberitakan, aparat keamanan Turki telah menahan 16 warga negara Indonesia (WNI) yang mencoba menyeberang ke Suriah. Ke-16 WNI tersebut terdiri dari tiga keluarga. Rute yang mereka tempuh untuk menuju Suriah biasa digunakan para simpatisan kelompok ISIS. Meski demikian, belum dapat dipastikan apakah ke-16 WNI itu hendak bergabung dengan ISIS.

Awalnya, mereka melakukan tur wisata ke Turki dengan menggunakan agen perjalanan Smailing Tour, tetapi memisahkan diri dari rombongan. Polisi mengidentifikasi kelompok ini berbeda dengan kelompok WNI yang ditahan Turki.


Anda sedang membaca artikel tentang

Polisi Sinyalir Ada Orang Indonesia yang Jadi Donatur ISIS

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/03/polisi-sinyalir-ada-orang-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polisi Sinyalir Ada Orang Indonesia yang Jadi Donatur ISIS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polisi Sinyalir Ada Orang Indonesia yang Jadi Donatur ISIS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger