Perlu Memahami Kesehatan Reproduksi

Written By wartini cantika on Jumat, 27 Maret 2015 | 11.37

New Analisis: dr Bahrun Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah

PERNIKAHAN merupakan ikatan sakral dan perlu perencanaan matang. Selain mempersiapkan mental dan berbagai aspek penting lainnya, suami istri juga perlu memahami pengetahuan tentang kesehatan reproduksi.

Pengetahuan reproduksi penting sebab masih banyak warga yang minim pengetahuan tentang hal ini. Tidak jarang kasus ketidaktahuan kesehatan reproduksi mengakibatkan kematian, terutama bagi ibu hamil yang masih berusia muda.

Perlu diketahui, secara psikologis maupun kematangan alat reproduksi wanita itu ketika mereka berumur 21 tahun. Sedangkan pria berumur 23 tahun. Dalam kehidupan sehari-hari, warga masih saja ada yang menikah di usia masih remaja dengan berbagai alasan dan latar belakang.

Pasangan yang menikah di usia terlalu muda terkadang belum siap secara mental. Pasangan semacam ini rawan mengalami pertengkaran, bahkan sampai yang menjurus kekerasan fisik.

Perempuan yang menikah terlalu muda juga dikhawatirkan alat reproduksinya belum matang. Apabila mengandung, kemudian tidak merawat dan menjaga kehamilannya secara cermat bisa berisiko mengalami keguguran. Kejadian ini jika tidak ditangani dengan baik juga menyebabkan pendarahan yang dapat mengancam nyawa.

Selain itu, kasus keguguran yang berulang-ulang juga bisa saja menjadi pemicu terjadinya kanker mulut rahim.
Kehamilan pada usia terlalu muda juga bisa saja menyebabkan dislokasi tulang panggul atau tulang panggul bergeser. Maka dari itu, penting bagi pasangan yang hendak menikah untuk mengatur usia pernikahannya sehingga siap secara psikologis maupun fisik. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Perlu Memahami Kesehatan Reproduksi

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/03/perlu-memahami-kesehatan-reproduksi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perlu Memahami Kesehatan Reproduksi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perlu Memahami Kesehatan Reproduksi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger