Penambang Banting Stir

Written By wartini cantika on Minggu, 15 Maret 2015 | 11.37

MURAHNYA harga timah saat ini menjadi alasan utama Jupri, warga Desa Lubuk Lingkuk Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah kembali berkebun. Tidak hanya itu, susahnya mendapatkan lahan pertambangan ditambah mahalnya harga lada saat ini membuat Jupri tergiur menanam komoditi andalan Babel itu.

"Walaupun jumlahnya hanya berapa ratus batang, tetapi Alhamdulillah. Saat ini berkebun lumayan susah karena terbentur modal yang cukup besar," ujar Jupri, Jumat (13/3).

Selain menanam lada, Jupri bercocok tanam beberapa tanaman lain di kebun miliknya. Tanaman itu ditanam dengan sistem tumpang sari.
Ia membuka kebun di lahan milik sendiri, sebagian lainnya tanah warisan orangtua.

Jupri mengungkapkan, petani tentu sulit membuka kebun jika mengandalkan lahan dari membeli. "Kalau membeli lahan saat ini harganya lumayan tinggi. Itupun tergantung dari ada tidaknya tanam tumbuh di atasnya. Harga lahan yang memiliki lahan tanam tumbuh per hektara lebih dari Rp 100 juta. Sedangkan lahan yang tidak memiliki tanam tumbuh, biasanya Rp 10-25 juta, tergantung tempatnya," kata Jupri.

Selain harganya cukup tinggi, ketersediaan lahan perkebunan di kampungnya saat ini sudah terbatas. Kebanyakan warga Desa Lubuk Lingkuk tidak mau menjual lahan mereka karena lahan sudah banyak habis digarap untuk penambangan timah.

"Kalau lahan bekas tambang kebanyakan dibiarkan begitu saja, paling ada beberapa orang yang mencoba menanam dengan kelapa sawit. Sawit dapat tumbuh di lahan berpasir, tetapi tidak banyak orang memanfaatkannya karena perawatannya harus lebih baik dibandingkan jika sawit ditanam di lahan asal," kata Jupri.

Sebelum menambang timah, Jupri dulunya punya kebun karet. Setelah marak pertambangan, ia juga ikut menambang karena tergiur hasil lumayan besar. Alhasil, setelah ditambang, kebun karet miliknya pun berubah menjadi lahan kritis yang sulit ia olah untuk bercocok tanam.


Anda sedang membaca artikel tentang

Penambang Banting Stir

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/03/penambang-banting-stir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penambang Banting Stir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penambang Banting Stir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger