Batu Cincin Buatan Napi Lebih Detail

Written By wartini cantika on Minggu, 15 Maret 2015 | 11.37

NUSAKAMBANGAN, BANGKA POS - Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, tak hanya dikenal sebagai lokasi eksekusi hukuman mati. Pulau yang memiliki tujuh lembaga pemasyarakatan (Lapas) itu ternyata juga sebagai daerah penghasil batu cincin. Warga setempat menyebut batu khas pulau tersebut dengan nama batu tumpang.

"Namanya batu tumpang, kalau dihaluskan akan seperti kulit penyu," ujar Suparjo, perajin batu di Dermaga Wijaya Pura, Cilacap, Jumat (13/3). Suparjo menjamin bahwa batu tumpang yang dijualnya diambil dari Pulau Nusakambangan.

Suparjo menunjukkan baru berwarna putih yang memiliki guratan merah dan terlihat seperti cangkang penyu. Apabila diusap, bagian permukaan batu seperti bergerak. Suparjo mengatakan batu tersebut adalah batu tumpang yang hanya ada di Pulau Nusakambangan.

Menurutnya, bahan mentah batu tumpang adalah batu yang terselip di tebing karang di dekat Lapas Batu dan Lapas Terbuka di Nusakambangan. Cara mengambilnya harus menggunakan pahat dan palu. Pahat digunakan untuk memisahkan batu dari karang. "Harus dipahat lantaran menempel pada tebing karang," tuturnya.

Menurut Suparjo, batu tumpang banyak dijumpai di Nusakambangan. Ketika demam batu melanda berbagai daerah, warga di sekitar Demaga Wijaya Pura banyak yang menyeberang ke Nusakambangan untuk mengambil batu tumpang.

Saat kondisi normal, Suparjo leluasa masuk ke Nusakambangan dan mengambil batu tumpang. Suparjo mengaku sangat dikenal oleh penjaga pos keamananan sehingga bisa mondar-mandir Nusakambangan dan Cilacap daratan tanpa menjalani pemeriksaan yang ketat.

Namun Suparjo menambahkan, peningkatan pengamanan Nusakambangan membuatnya tak leluasa masuk Nusakambangan. Peningkatan pengamanan selalu dilakukan mendekati hari-H pelaksanaan eksekusi hukuman mati. "Sekarang sulit masuk karena lagi musimnya eksekusi," ungkapnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Batu Cincin Buatan Napi Lebih Detail

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/03/batu-cincin-buatan-napi-lebih-detail.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Batu Cincin Buatan Napi Lebih Detail

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Batu Cincin Buatan Napi Lebih Detail

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger