Smansa Muntok Terapkan Metode Bimbel Sebaya

Written By wartini cantika on Sabtu, 28 Februari 2015 | 11.37

MUNTOK, BANGKA POS - SMAN 1 (Smansa) Muntok telah melakukan berbagai kesiapan untuk mendukung kesuksesan para siswanya dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2015. Bahkan, persiapan sudah dimulai sejak November 2014 lalu.

Sejauh ini, SMAN 1 Muntok telah menggelar empat kali try out atau uji coba UN bagi siswa-siswinya yang akan mengikuti evaluasi standar pendidikan menengah secara nasional tersebut.

"Bila ada kesempatan akan kami tambah satu kali lagi," kata Kepala SMAN 1 Muntok, Sudarni, saat ditemui, Kamis (26/2).
Siswa-siswinya disarankan untuk bertanya jika kesulitan menjawab soal-soal try out UN. Selanjutnya, guru yang bersangkutan akan menjelaskan tahapan-tahapan penyelesaiannya.

Dalam menghadapi UN, SMAN 1 Muntok juga menerapkan metode bimbel sebaya. Dalam bimbingan belajar (bimbel) ini, siswa yang paling memahami mata pelajaran tertentu dijadikan mentor bagi teman-temannya. "Siswa yang paling kuat pemahamannya dalam pelajaran akan menjadi mentornya," ujar Sudarni.

Menurutnya, pendekatan agama juga perlu dilakukan supaya siswa-siswi bisa tenang menghadapi UN. "Khusus kelas XII, setiap Sabtu sekolah memberikan materi ESQ kepada siswa," bebenya.

Uang saku

Untuk meningkatkan semangat belajar siswa-siswinya, SMAN 1 Muntok akan memberikan hadiah berupa uang saku bagi peraih nilai sempurna pada mata pelajaran yang di-UN-kan.

"Kami akan kasih uang saku Rp 500 ribu per mata pelajaran. Contoh, siswa yang mendapat nilai sempurna ada lima orang dalam satu pelajaran, uang Rp 500 ribu dibagi lima," kata Sudarni.

Siswa kelas XII IPA SMAN 1 Muntok, Suarkamada, mengatakan, hal yang paling utama dalam menghadapi UN adalah berdoa, belajar, dan sikap optimistis.

"Untuk kesulitan pasti ada, yang penting optimis," kata Suarkamada yang bercita-cita menjadi anggota Polri.
Siswi kelas XII IPS SMAN 1 Muntok, Nadia, menyebut, dia dan teman-temannya optimistis dapat lulus 100 persen. Dirinya juga berharap sekolahnya meraih nilai rata-rata UN tertinggi di Provinsi Bangka Belitung. (n6)


Anda sedang membaca artikel tentang

Smansa Muntok Terapkan Metode Bimbel Sebaya

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/02/smansa-muntok-terapkan-metode-bimbel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Smansa Muntok Terapkan Metode Bimbel Sebaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Smansa Muntok Terapkan Metode Bimbel Sebaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger