Lempah Darat Menu Favorit Usai Lebaran

Written By Unknown on Kamis, 31 Juli 2014 | 11.37

Oleh, Lutfi Adam, Staf Humas dan Protokol Pemkab Bangka

SETELAH menikmati makanan khas lebaran seperti rendang, opor, semur, biasanya masyarakat Bangka untuk menghilangkan rasa lungoi (bosan), akan mencari masakan khas Bangka seperti sayur lempah darat keladi, kacang panjang ditambah mentimun,  ikan asin atau rusip.

Masakan khas Bangka ini sangat digemari masyarakat Bangka, karena rasanya ringan dilidah dan gurih serta bisa menghilangkan rasa bosan karena telah makan makanan berat khas lebaran.

Isnani, salah satu ibu rumah tangga  yang berhasil ditemui, Kamis (31/7) mengatakan, ia mencari dan masak sayur lempah darat keladi untuk membuang rasa bosan.

"Biasanya sayur keladi, jantung dan buah pisang hutan yang  muda, pepaya muda campur ikan panggang  ditambah ikan asin, sambel bakar terasi bisa menghilangkan rasa bosan," ungkapnya.

Dikatakannya juga, selain sayur lempah darat, biasanya panganan khas Bangka seperti rusip, calo dan pekasem juga jadi makanan favorit seusai Idul Fitri ini.

"Rusip pedes-pedes bang, sama dengan rebus daun ubi, daun jambu mete, kalau gak, pisang jantung juga sangat pas di lidah habis lebaran ini," jelasnya.

Untuk mendapatkan keladi atau jantung pisang, diakui Isnani, ia biasanya mengambil di pekarangan rumah.

"Sekarang harga sayur pasti naik nanti, karena banyak yang beli, untung ada nanam di pekarangan rumah, jadi bisa meriang e (mencarinya)," tutup Is.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lempah Darat Menu Favorit Usai Lebaran

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/07/lempah-darat-menu-favorit-usai-lebaran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lempah Darat Menu Favorit Usai Lebaran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lempah Darat Menu Favorit Usai Lebaran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger