Perubahan Demi Pembaca

Written By Unknown on Minggu, 25 Mei 2014 | 11.37

Catatan: Vovo Susatio, Editor in Chief Bangka Pos

PEMBACA yang budiman, guliran waktu telah mengantar Bangka Pos menginjak usia 15 tahun dan Pos Belitung memasuki usia 13 tahun, tepat di hari ini, Minggu 25 Mei 2014. Rasa syukur tak henti-hentinya kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dari sebuah koran hitam putih yang terbit perdana pada 25 Mei 1999, Bangka Pos melangkah ke era multimedia dengan segala tuntutan kreatifitasnya.  
Usia bertambah tentu bukan sekedar untuk menua. Perjalanan Bangka Pos-Pos Belitung selama belasan tahun memberi pengalaman dan pengetahuan untuk tak henti melecut semangat berinovasi, spirit untuk selalu mengabdi bagi kepentingan publik, serta semangat memberi sajian informasi menarik yang dibutuhkan masyarakat Bangka Belitung.
Sebagai bagian dari Kelompok Tribun (Kompas-Gramedia), Bangka Pos-Pos Belitung menjunjung nilai-nilai independensi dan kredibilitas sebagai kekuatan berita. Sajian berita pun kami tampilkan melalui konsep diferensiasi khas Tribun dengan harapan bisa memberi manfaat lebih bagi pembaca.
Kami berupaya memahami munculnya ekspektasi- ekspektasi baru terhadap pemberitaan media massa seiring perkembangan gaya hidup masyarakat. Diantaranya keinginan pembaca terhadap solusi atas masalah yang diberitakan. Karena itu, pemberitaan Bangka Pos-Pos Belitung tak sekedar menyampaikan apa yang terjadi berikut arti dan maknanya, tetapi juga dilengkapi solusi atau arahan bagi pembaca.
Tampilan tata wajah koran yang menarik juga tak kami abaikan. Kami berharap pembaca semakin nyaman menyimak informasi yang kami sajikan berkat perwajahan yang mempercantik penyajian berita. Dua kali prestasi Bangka Pos menyabet Indonesia Print Media Award berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013 memberi penanda pengakuan lembaga pers terhadap upaya tersebut.
Pada usia menjelang dua windu, Bangka Pos melangkah di tengah dunia yang tengah menghadapi revolusi di bidang komunikasi. Trend penyebaran informasi melalui media sosial, misalnya, membuat arus informasi mengalir begitu cepat, menyebar melampaui batas-batas negara dan sekat sosial dalam waktu sekejap.
Bangka Pos pun menyadari perubahan ini. Tak hanya sekedar mengikuti trend, kami memahami kemajuan teknologi memungkinkan layanan informasi yang lebih baik bagi masyarakat.
Dari semangat inilah berita-berita karya jurnalis Bangka Pos tidak hanya dimuat di platform cetak saja, tetapi juga bisa disimak update-nya di situs berita online bangka.tribunnews.com yang pengaksesnya dalam sehari mendekati kisaran 20.000 hits serta melalui jejaring media-media sosial. Berita-berita dari Bangka Belitung pun dapat disimak dengan mudah dari berbagai wilayah dunia.
Saat ini Bangka Pos mengelola empat koran harian; Bangka Pos, Pos Belitung, Koran BN (Babel News), Superball, serta portal berita bangka.tribunnews.com. Kami menghadirkan lima media yang kesemuanya memiliki pendekatan berita berbeda satu sama lain ini karena kami menyadari adanya kekhasan yang harus kami layani pada setiap segmen pembacanya.
Penghormatan dan rasa terima kasih tak terhingga pun kami sampaikan kepada masyarakat Bangka Belitung serta seluruh relasi bisnis yang menempatkan Bangka Pos sebagai jembatan informasi terpercaya.
 Demikian juga pada sinergi antara Bangka Pos dengan unit-unit Kompas Gramedia di Bangka Belitung; Hotel Santika Bangka, Toko Buku Gramedia Bangka, Radio Sonora Bangka, yang terus terjaga. Kehadiran unit baru, Kompas TV Bangka yang saat ini tengah memasuki masa siaran percobaan, semakin melengkapi kiprah Kompas Gramedia untuk mengabdikan diri bagi Negeri Serumpun Sebalai.
Pembaca yang budiman, kami tentu saja tak berpretensi Bangka Pos sebagai media yang sempurna. Tentu saja masih ada kekurangan dan pembenahan di sana sini. Perkembangan di tengah masyarakat juga mengharuskan kami senantiasa jeli menyesuaikan diri.
Lima belas tahun terakhir adalah sebuah perjalanan penuh kisah dan makna. Setiap peristiwa selalu menjadi pelajaran berharga. Perubahan menuju kebaikan adalah keniscayaan. Inilah upaya yang selalu kami lakukan untuk melayani pembaca setia dan masyarakat Bangka Belitung.
Terima kasih, pembaca


Anda sedang membaca artikel tentang

Perubahan Demi Pembaca

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/05/perubahan-demi-pembaca.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perubahan Demi Pembaca

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perubahan Demi Pembaca

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger