Erzaldi Targetkan 12 Bus Sekolah

Written By Unknown on Jumat, 09 Mei 2014 | 11.37

KOBA, BANGKA POS - Pemerintah daerah di Bangka Belitung (Babel) menginstruksikan ke seluruh jajaran terkait untuk ikut menyukseskan program Bike to School yang digagas Ditlantas Polda Babel. Selain dengan bersepeda, tersedianya angkutan bus khusus siswa diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di kalangan pelajar.
Untuk itu, sejumlah daerah kabupaten dan kota di Babel tengah mengkaji dan merancang pengadaan bus sekolah bagi siswa.
Beberapa daerah misalnya Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan Bangka Selatan (Basel) sudah memiliki bus sekolah. Hanya saja jumlahnya masih terbatas. Karena itu, pemda setempat akan mengajukan usulan tambahan bus bagi pelajar.
Bupati Bateng Erzaldi Rosman menargetkan tahun ini hingga 2015 mendatang mendapatkan tambahan 12 unit bus sekolah. Pada tahun 2014 ini Bateng berencana menambah dua unit bus sekolah yang dianggarkan melalui APBD induk.
"Kita terus berusaha menambah bus sekolah yang  saat ini belum ideal. Karena keterbatasan dana untuk APBDP, jadi kami tidak mengadakan bus sekolah, hanya dari dana induk saja dua unit. Insya Allah dari CSR (corporate social responsibility) kita juga akan mendapat tambahan empat bus pelajar," ujar Erzaldi kepada Bangka Pos, Rabu (7/5).
Apabila enam unit bus terealisasi dengan lancar, maka lanjut Erzaldi untuk mencapai angka ideal bus pelajar di 2015 pihaknya kembali akan mengadakan enam unit bus yang akan diakomodir baik melalui APBD maupun CSR.
"Tujuan kita pengadaan bus sekolah ini untuk mengurangi beban orangtua siswa dalam hal biaya transportasi anak ke sekolah. Sekaligus sebagai sarana angkutan pelajar serta mengurangi angka lakalantas pelajar dan melakukan efisiensi BBM (bahan bakar minyak)," jelas Erzaldi.
Sedangkan Pemkab Basel saat ini baru memiliki satu unit bus sekolah untuk antar jemput siswa ke sekolah. Itupun masih jauh dari ideal dan belum bisa mengakomodir banyak siswa.
"Saat ini kita belum mendapatkan bantuan dari provinsi. Memang tahun kemarin telah ada satu unit bus sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Basel,  Asri Husman, Selasa (6/5).
Pihaknya sangat mendukung program Bike to School yang dicanangkan Ditlantas Polda Babel bersama jajarannya. Sebagai tindak lanjut dari peluncuran program ini, Dinas Pendidikan Basel menginstruksikan kepada semua sekolah yang ada di Basel untuk mewajibkan pelajar dan guru SD hingga SLTA bersepeda khususnya pada setiap Jumat.
"Kita nanti wajibkan bersepeda setiap jumat untuk semua sekolah," ujar Asri.
Asri menjelaskan, untuk siswa yang rumahnya jauh dari sekolah mendapatkan pengecualian karena terkendala jarak tempuh. "Nantinya dimohon untuk para guru juga ikut bersepeda ke sekolah agar menjadi contoh yang baik. Kita akan edarkan surat terlebih dahulu sebelum program ini berjalan," kata Asri. (zky/m4)
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Erzaldi Targetkan 12 Bus Sekolah

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/05/erzaldi-targetkan-12-bus-sekolah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Erzaldi Targetkan 12 Bus Sekolah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Erzaldi Targetkan 12 Bus Sekolah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger