Nuju Jerami Digelar Hari Ini

Written By Unknown on Rabu, 16 April 2014 | 11.37

BELINYU, BANGKA POS -- Warga Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu tampak sibuk melakukan persiapan menyambut perayaan acara Nuju Jerami, Selasa (15/4). Acara Nuju Jerami sendiri direncanakan akan dilaksanakan hari ini sekitar pukul 10.00 bertempat di depan Balai Adat Umum atau di samping Lapangan Sepakbola Dusun Pejem.
Panitia acara Nuju Jerami ini didominasi oleh pemuda setempat. Mereka tampak bergotong-royong mendirikan tenda dan panggung.
Ketua panitia Nuju Jerami, Imam mengaku mereka lebih melibatkan banyak pemuda dibanding orang tua.
"Panitia kita yang aktif sekitar 60 orang. Yang bergerak memang pemuda semua. Orang-orang berkeluarga kan sibuk mengurusi rumahnya. Jadi yang benar-benar fokus ya pemuda, malahan ada yang masih SMP," jelas Imam di sela persiapan acara Nuju Jerami kepada Bangka Pos Group, Selasa (15/4).
Menurut Imam, pihak panitia sudah menyebarkan sekitar 100 undangan ke berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. Di antaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Bangka Belitung, Disbudpar Kabupaten Bangka dan Bupati Bangka beserta Wakil Bupati Bangka.
"Kemarin cetak undangan 100 untuk instansi pemerintah maupun swasta termasuk seluruh pihak yang menjadi sponsor. Termasuk Dinas Pendidikan dan media kami undang. Kami tidak hanya mengundang instansi yang terkait dengan acara ini saja," tutur Imam.
Menurutnya hal ini memang bagian dari misi acara ini yaitu ingin memperkenalkan budaya Nuju Jerami supaya lebih dikenal luas oleh masyarakat luar.
Dana kegiatan ini bersumber dari beberapa pihak baik itu milik pemerintah maupun swasta. Beberapa di antaranya menjadi sponsor acara Nuju Jerami ini.
"Seperti dari Dinas Pariwisata, PT Timah, PT GPL, ada juga dari caleg, pengusaha bagan dan tambang. Total nominal yang didapat sekitar Rp 40 juta," katanya.
Nuju Jerami ini dilaksanakan sebagai bentuk syukuran atas panen padi. Setiap rumah melakukan  syukuran namun tapi skalanya kecil. Sedangkan Nuju Jerami ini acara satu kampung dan dipimpin ketua adat. Nanti kan sebelum orangnya makan, rumah-rumah, alat-alat memanen dan menyimpan padi dikasih makan dulu. Jadi orang-orangnya menghargai jasa siapapun itu baik itu benda mati," jelasnya.
Sambil mengutarakan kesulitan yang dihadapi panitia Nuju Jerami, Imam pun berharap agar acara Nuju Jerami berlangsung lancar. (m5)


Anda sedang membaca artikel tentang

Nuju Jerami Digelar Hari Ini

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/04/nuju-jerami-digelar-hari-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nuju Jerami Digelar Hari Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nuju Jerami Digelar Hari Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger