Kapasitas Lapas Bukit Semut Kelebihan 300 Persen

Written By Unknown on Kamis, 18 Juli 2013 | 11.37

Laporan Wartawan Bangka Pos Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kasus kerusuhan di LP Tanjung Gusta Medan yang mengakibatkan kebakaran dan ratusan napi melarikan diri membuat Lembaga Pemasyarakatan di seluruh Indonesia lebih waspada.

Pasalnya titik masalah awal permasalahan yakni over kapasitas terjadi di LP di seluruh Indonesia. Termasuk di LP Bukit Semut Sungailiat yang saat ini mengalami over kapasitas hingga mencapai 300 %.

Guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Bangka Kompol Taufik LN berkunjung ke LP Bukit Semut dan diterima oleh Kepala LP Bukit Semut Yusran Saad.

"Intinya kita berkoordinasi berbagai hal dan antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pihak Lapas sesegera mungkin menghubungi Polres Bangka agar bisa mengatasi dengan cepat," kata Kabag Ops Kompol Taufik LN seizin Kapolres Bangka AKBP Pipit Rismanto Kamis (18/7/2013).

Kabag Ops menambahkan dalam kunjungan selain membahas berbagai permasalahan yang bisa timbul di LP Bukit Semut juga melakukan pengecekan terhadap peralatan penunjang pengamanan. Juga melakukan dialog dengan para penghuni LP mengenai fasilitas yang mereka terima.

Secara kasat mata walaupun LP Bukit Semut mengalami over kapasitas namun dari segi pengamanan dan antisipasi berbagai langkah yang dilakukan oleh pihak LP sudah sangat baik. Mulai dari komunikasi dengan penghuni, lancarnya fasilitas yang ada hingga protap pengamanan yang dilakukan berlapis.

"Sudah berjalan baik namun tetap kita harus mengantisipasi dan waspada dari segala kemungkinan terburuk," kata Kompol Taufik LN.

Kompol Taufik LN juga mengatakan bahwa penanganan secara cepat dan tepat dalam menangani masalah penghuni Lapas menjadi kunci agar tidak meluas menjadi hal terburuk. Hubungan yang baik antara Lapas Bukit Semut dengan instansi lain termasuk Polres Bangka dapat dimanfaatkan untuk menjalin kerjasama dan meminta bantuan penanganan. Sebab walaupun sebenarnya adalah masalah internal LP namun dapat mengganggu situasi kamtimbas jika terjadi permasalahan yang meluas seperti di LP Tanjung Gusta Medan.

Pihak Polres Bangka juga telah mencetak nomor pejabat utama di jajarannya serta nomor-nomor penting yang dapat dihubungi. Nomor-nomor ini akan ditempelkan ditempat-tempat strategis di LP Bukit Semut.

"Jika terjadi hal-hal tidak diinginkan menyangkut permasalahan penghuni LP dan memerlukan penanganan bantuan maka kita siap menerjunkan anggota," kata Kompll Taufik LN.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kapasitas Lapas Bukit Semut Kelebihan 300 Persen

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/07/kapasitas-lapas-bukit-semut-kelebihan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kapasitas Lapas Bukit Semut Kelebihan 300 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kapasitas Lapas Bukit Semut Kelebihan 300 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger