Babel Berhasil Turunkan AKI dan AKB

Written By Unknown on Kamis, 18 Juli 2013 | 11.37

Laporan Wartawan Bangka Pos Group Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Dinas Kesehatan Babel berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia karena berhasil menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menduduki kategori nomor tiga terbaik se Indonesia yang dapat menekan kematian baik kematian ibu maupun bayi.

"Kita memberi apresiasi kepada Kadinkes Babel dr Hendra Kusuma Jaya karena dengan kegigihannya dalam penanganan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan untuk Provinsi Babel," ungkap Kabid P2PL Dinkes Bangka Boy Yandra, dalam rilisnya, Kamis (18/7/2013) kepada bangkapos.com.

Diakuinya prestasi yang diraih Dinkes Babel ini tidak terlepas dari dukungan dinkes kabupaten /kota dan lintas sektror lainnya. Dia mengatakan, banyak upaya yang telah dilakukan dr  Hendra  untuk dapat dilaksanakan oleh kabupaten/kota.

Upayanya seperti yang trend sekarang yang sangat membantu sekali adalah penguatan puskesmas PONED dan RS PONEK, penguatan kolaborasi rujukan ibu hamil (bumil) ke pelayanan yang lebih tinggi, pengembangan sistem komunikasi informasi maternal dan neonatal (SMS-gateway) dan SPGDT program ini dilakukan di Kabupaten Bangka dan hanya ada beberapa di Indonesia.

Dia menilai, Kegiatan ini tidak mudah dilaksanakan namun dengan kegigihan dan kerja keras yang dilakukan semua sektor maka semua kegiatan terlaksanakan walaupun banyak kendala di lapangan tetapi program ini berjalan dengan lancar.

"Semua kabupaten yang ada di Babel sudah mempunyai PONED dan PONEK sehingga dapat mengatasi keterbatasan dalam pertolongan persalinan dan memperkecil kematian akibat keterlambatan dalam bersalin," ungkap Boy.

Menurutnya, dengan adanya prestasi yang diraih Dinkes Babel ini bukan hanya untuk AKI dan AKB saja tetapi pelayanan yang lain, seperti dengan adanya RS provinsi yang dilengkapi laboratorium canggih untuk malaria center yang di Indonesia hanya ada empat center malaria.

"Kita sangat berharap untuk bisa  beroperasi dengan segera  sehingga  dapat membantu masyarakat Babel terutama masyarakat yang tidak mampu. Masyarakat Babel tidak usah lagi jauh-jauh ke Jakarta hanya kontrol atau rujukan yang sebenarnya kita sudah punya rumah sakit yang besar," kata Boy.

Oleh karena itu dia berharap Gubernur Babel H Eko Maulana Ali bisa mempercepat operasional rawat inap sehingga masyarakat Babel dapat dilayani dengan baik dan tidak perlu jauh-jauh rujukan keluar Babel.


Anda sedang membaca artikel tentang

Babel Berhasil Turunkan AKI dan AKB

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/07/babel-berhasil-turunkan-aki-dan-akb.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Babel Berhasil Turunkan AKI dan AKB

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Babel Berhasil Turunkan AKI dan AKB

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger