STBM Sinar Sari Dipercepat

Written By Unknown on Senin, 25 Maret 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Senin, 25 Maret 2013 10:25 WIB

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Realisasi program Puskesmas Kelapa Kabupaten Bangka Barat 2013, tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa, akan dipercepat pelaksanaannya, dengan target beberapa bulan ke depan bisa tuntas.

Kepala Puskesmas Kelapa M Syafei Rangkuti mengatakan, dalam minggu ini, Dinas Kesehatan Pemkab Bangka Barat dan Provinsi Bangka Belitung akan turun ke Desa Sinar Sari untuk melakukan pembinaan. Pembinaan tersebut untuk percepatan realisasi STBM.

Desa ini telah sukses realisasikan program open defecations free (ODF) atau desa bebas buang air besar sembarang tempat, jadi tindaklanjut dari ODF ini yakni STBM yadi, ada lima pilar yang menjadi indikator STBM yakni ODF, Pam (pengolahan air minum), Cuci tangan pakai sabun, Pengolahan limbah cair rumah tangga dan pengolahan sampah organik.

"STBM di Sinar Sari ini sebagai tindaklanjut dari suksesnya realisasi ODF tahun lalu," kata Syafei, Grup Senin (25/3/2013).

Dari lima pilar yang wajib dipenuhi tersebut, saat ini Desa Sinar Sari sudah memiliki tiga pilar yakni ODF, sumber air bersih yakni sumur gali atau sumur bor (bukan air dari galon isi ulang) dan ketiga yakni fasilitas cuci tangan pakai sabun. Sedangkan dua pilar lagi yakni pengolahan limbah rumah tangga dan sampah organik masih dalam proses persiapan perencanaan dan pelaksanaan di lapangan.


Anda sedang membaca artikel tentang

STBM Sinar Sari Dipercepat

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/03/stbm-sinar-sari-dipercepat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

STBM Sinar Sari Dipercepat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

STBM Sinar Sari Dipercepat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger