Ini Rahasia Lee Kuan Yew Basmi Korupsi

Written By wartini cantika on Senin, 30 Maret 2015 | 11.37

BANGKAPOS.COM, SINGAPURA - Pendiri Singapura, Lee Kuan Yew, tutup usia beberapa waktu lalu. Meski bukan negara dengan luas wilayah yang besar, tapi Lee mampu membuat Singapura menjadi negara yang disegani. Beberapa prestasi pun dicatat Negeri Singa tersebut.

Selain berhasil membuat Singapura menjadi pusat bisnis internasional, Lee dikenal mampu membawa pemerintahan Singapura bersih dari praktik korupsi. Indeks Korupsi Dunia 2014 mencatat, Singapura adalah salah satu negara yang relatif bersih dari korupsi di dunia.

Hal itu diamini pula oleh Lembaga Transparansi Internasional. Dalam indeks yang dikeluarkannya, lembaga tersebut mencatat Singapura mendapat nilai 84 dalam hal pemerintahan yang bebas korupsi. Nilai tersebut menempatkan Singapura sebagai negara yang pemerintahannya paling bersih di seluruh Asia. Sementara jika dibandingkan dengan dunia, Singapura menempati posisi ke-7.

Prestasi membanggakan tersebut berhasil dicapai berkat kebijakan khusus Lee Kuan Yew. "Jika tidak berjalan, maka coba lagi," kata Lee saat diwawancarai New York Times tahun 2007 lalu. Kebijakan dan keteguhan Lee itu berhasil membuat tingkat korupsi di Singapura menjadi minim.

Selain pemerintahan yang bersih, Lee Kuan Yew mampu membuat Singapura menjadi negara berbasis ideologi dengan pemerintahan yang efisien dan visioner. Dengan Undang-Undang Internal Security Act (ISA), Singapura mampu mencegah berkembangnya paham komunis.

Alhasil, jika terdapat pihak lain yang membuat keributan politik, dapat ditahan dalam jangka waktu yang panjang.
Berbagai kebijakan yang membuat Singapura maju pun tak terlepas dari sosok pribadi Lee sendiri. Sejarah mencatat, Lee tak segan-segan membersihkan nama baiknya saat tudingan negatif diarahkan padanya. Contohnya ketika Patrick Smith dari Bloomberg menuduh praktik nepotisme saat menantu Lee memimpin BUMN terbesar Singapura, Temasek.

"Jika orang lain meragukan integritas kami," ujar Lee Kuan Yew menjawab tudingan nepotisme tersebut di tahun 2002, "Kami akan membersihkan nama baik ini. Kalau orang seperti itu (Patrick Smith) dibiarkan, pemerintah Singapura dapat dibanjiri fitnah."
Pernyataan tersebut membuat berbagai pihak, baik lokal maupun dunia internasional, enggan berbicara sembarangan mengenai Singapura.

Selain berhasil membuat Singapura menjadi negara yang disegani, Lee juga dapat menyisiati berkembangnya korupsi dengan program industrialisasi, perumahan rakyat murah, dan merancang strategi anti korupsi yang komprehensif. Di samping itu semua, tentu saja Lee melandasinya dengan membangun lembaga hukum yang kuat, efektif dan tak pandang bulu.

Dengan berbagai prestasi tersebut, tak heran sosok Lee Kuan Yew akan terus dikenang sepanjan zaman sebagai pemimpin besar Singapura. Semua orang yang menghormatinya pantas mengenangnya.(*/kompas.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Rahasia Lee Kuan Yew Basmi Korupsi

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/03/ini-rahasia-lee-kuan-yew-basmi-korupsi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Rahasia Lee Kuan Yew Basmi Korupsi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Rahasia Lee Kuan Yew Basmi Korupsi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger