Riau Silip Usulkan Pembentukan Puluhan Dusun Baru

Written By wartini cantika on Sabtu, 28 Februari 2015 | 11.37

SUNGAILIAT, BANGKA POS - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM dan Pemdes) Kabupaten Bangka, M Dalyan Amri, mengatakan, honor atau gaji kepala dusun saat ini sebesar Rp 1.250.000 per bulan. Jumlah itu merupakan 50 persen dari gaji kepala desa.

"Gaji kadus saat ini sekitar Rp 1.250.000 atau setengah dari gaji kepala desa. Kalau saat ini gaji kades Rp 2.500.000. Tapi itu nanti kita lihatlah bagaimana kemampuan dari desa tersebut berdasarkan ADD-nya (alokasi dana desa)," kata Dalyan saat ditemui Bangka Pos di kantornya, Rabu (25/2).

Dia menambahkan, nanti akan dilihat apakah memungkinkan untuk gaji kadus dianggarkan dalam ADD. Nanti, jangan sampai setelah dibentuk dusun baru di Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, ternyata kadusnya tidak memiliki gaji karena tidak dianggarkan dalam ADD.

"Karena kita dikhawatirkan soal gaji atau honor kadus yang tidak dianggarkan dalam ADD bisa menjadi kendala, karena itulah perlu ada ketersediaan dana untuk gaji kadus ini dalam ADD," ujar Dalyan.

"Tapi tetap usulan proposal pemekaran dusun dari Riau Silip yang masuk itu akan kami bahas lagi bersama pak Camat Riau Silip, untuk melihat dusun mana yang memang dianggap sudah menjadi prioritas untuk dimekarkan," lanjutnya.

Sebelumnya, Kecamatan Riau Silip sudah mengajukan pembentukan puluhan dusun baru kepada Pemkab Bangka melalui BPM dan Pemdes. Menurut mantan Camat Riau Silip, Asli, usulan tersebut disampaikan tahun lalu. "Pemekaran dusun baru dari desa-desa di Kecamatan Riau Silip sudah diusulkan, kalau tidak salah 25-26 dusun baru. Kami mengusulkannya ke Pemkab Bangka melalui BPM dan Pemdes sekitar awal November-Desember 2014 lalu," kata Asli saat dikonfirmasi harian ini, Rabu (25/2).

Asli menyebut, desa-desa di Kecamatan Riau Silip yang telah mengusulkan pemekaran dusun di antaranya Desa Riau, Pangkalniur, Mapur, Cit, Banyuasin, dan Pugul. "Yang tidak mengusulkan kemarin Desa Deniang, Desa Silip, dan Desa Berbura," kata Asli yang kini menjabat sebagai Camat Belinyu.

Ketua Forum Masyarakat Bangka Utara (FMBU), Heru Kailani, memberikan apresiasi kepada aparat desa, tim pemekaran FMBU Riau Silip, dan Kecamatan Riau Silip, yang sudah bekerja dan mengusulkan pembentukan beberapa dusun baru ke Pemkab Bangka.

"Kita berharap Pemkab Bangka melalui BPM dan Pemdes bisa secepatnya menindaklanjuti aspirasi masyarakat Riau Silip ini," kata Heru.
Pihaknya akan segera menemui kades dan tim pemekaran dusun Kecamaran Riau Silip untuk membahas kendala di lapangan sehingga beberapa desa lainnya belum mengusulkan pemekaran dusun di wilayahnya. (edw)


Anda sedang membaca artikel tentang

Riau Silip Usulkan Pembentukan Puluhan Dusun Baru

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/02/riau-silip-usulkan-pembentukan-puluhan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Riau Silip Usulkan Pembentukan Puluhan Dusun Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Riau Silip Usulkan Pembentukan Puluhan Dusun Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger