KIP Bergeser, Massa Bubar

Written By Unknown on Jumat, 13 Februari 2015 | 11.37

TOBOALI, BANGKA POS - Sedikitnya 300 nelayan dari wilayah Batu Perahu, Serdang, dan Kecamatan Toboali, menggeruduk kantor Bupati Bangka Selatan, Kamis (12/2/2015). Massa menuntut Pemkab Basel mencabut izin operasi Kapal Isap Produksi (KIP) Mutiara Hitam 3 milik PT Sumber Jaya Indah (SJI). Menurut massa, KIP itu kembali beroperasi di perairan Mumpunai, Toboali, Kabupaten Basel.

Massa memulai aksinya sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka sempat memagari kantor bupati Basel dengan jaring yang biasa digunakan untuk menangkap ikan. Setelah berorasi, sejumlah perwakilan massa melakukan dengan audiensi di dalam kantor bupati Basel.

"Kami minta dicabut izinnya demi masyarakat kami yang ada di pesisir pantai, pencarian kami hanya di sana, seandainya tidak dicabut mau dikemanakan kami mencari makan," ungkap Toyo, perwakilan BPD Serdang Toboali, Kamis (12/2).

Toyo menjelaskan para nelayan telah sepakat untuk menolak adanya jenis pertambangan di wilayah perairan kabupaten Basel bagian barat. "Karena sosialisasi dilakukan tidak melalui pemerintah desa, demi kemanusiaan dan ketentraman kabupaten kita pak, mohon jangan ditunda dan dicabut ijin untuk seterusnya," katanya.

"Kami tidak akan pulang, dan akan membawa istri dan anak kami, akan kami duduki kantor Bupati," tegas Toyo.

Bupati Basel, Jamro H Jalil mengatakan, bahwa untuk mencabut ijin harus melalui proses yang sesuai aturan perundang-undangan. "Kenapa tidak mencabut, karena ada tahapannya, mohon untuk bersabar. Kami sudah mengeluarkan surat penghentian operasi dua kali, dan akan kita lakukan evaluasi karena pencabutan ijin butuh tahapan," kata Jamro saat menemui massa di halaman kantor bupati Basel, kemarin.

Sementara, Komandan Kodim 0413 Bangka, Utten Simbolon yang juga menemui masyarakat nelayan yang melakukan unjuk rasa dihalaman kantor Bupati Basel berjanji akan segera menggeser KIP milik PT SJI yang kembali bergeser di Perairan Mumpunai.


Anda sedang membaca artikel tentang

KIP Bergeser, Massa Bubar

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/02/kip-bergeser-massa-bubar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KIP Bergeser, Massa Bubar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KIP Bergeser, Massa Bubar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger