Kemenlu Tarik Dubes RI Karena Ditolak Presiden Brasil

Written By wartini cantika on Sabtu, 21 Februari 2015 | 11.37

BANGKAPOS.COM, JAKARTA, - Kementerian Luar Negeri Indonesia melakukan protes keras terhadap pemerintah Brasil yang menolak menerima Duta Besar Indonesia untuk Brasil, Toto Riyanto. Kemenlu pun kemudian menarik Toto dari Brasil untuk selanjutnya melakukan protes keras.

"Kemlu sangat menyesalkan tindakan yang dilakukan Pemerintah Brasil, terkait dengan penundaan secara mendadak penyerahan credentials Duta Besar designate RI untuk Brasillia, Toto Riyanto, setelah di undang secara resmi untuk menyampaikan credentials pada upacara di istana Presiden Brasil pada pukul 9.00 pagi (waktu Brasillia) (20/2)," kata pernyataan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/2/2015).

Kemenlu pun menilai penolakan Presiden Brasil, Dilma Rousseff adalah bentuk tindakan yang tidak dapat diterima oleh pemerintah Indonesia.

"Cara penundaan penyerahan credentials yang dilakukan oleh Menlu Brasil secara tiba-tiba pada saat Dubes designate RI untuk Brasillia telah berada di Istana Presiden Brasil merupakan suatu tindakan yang tidak dapat diterima oleh Indonesia."

Lebih jauh, Kemenlu memastikan telah menarik Toto dari Brasil untuk selanjutnya kembali ke Indonesia. Kemenlu pun protes keras terhadap penolakan tersebut.

"Kemlu telah memanggil Duta Besar Brasil untuk Indonesia pada 20 Februari 2015, Pk. 22.00 untuk menyampaikan protes keras terhadap tindakan tidak bersahabat tersebut sekaligus menyampaikan nota protes," tulis pernyataan pers itu.

Ditegaskan Kemenlu, Pemerintah Indonesia memulangkan Dubes RI untuk Brasil sampai jadwal baru penyerahan credentials dipastikan oleh Pemerintah Brasil. Kemenlu kemudian menekankan, Brasil tidak sepatutnya mencampuri urusan hukum di suatu negara, meski itu menyangkut warga negara mereka.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemenlu Tarik Dubes RI Karena Ditolak Presiden Brasil

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/02/kemenlu-tarik-dubes-ri-karena-ditolak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemenlu Tarik Dubes RI Karena Ditolak Presiden Brasil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemenlu Tarik Dubes RI Karena Ditolak Presiden Brasil

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger