Buka Posko Anti Korupsi, Polda Sulut Siap Ungkap 'Borok' Sendiri

Written By Unknown on Selasa, 10 Februari 2015 | 11.37

BANGKAPOS.COM, MANADO - Polda Sulut mendirikan Posko Anti Korupsi. Pendirian posko tersebut menurut Direktur Kriminal Khusus Polda Sulut, Komisaris Besar Hilman, untuk menindak korupsi di internal jajaran Polda Sulut.

"Masyarakat bisa melaporkan tindakan korupsi, kolusi, nipotisme khusus yang dilakukan internal jajaran Polda Sulut. Jadi penyimpangan berdasarkan informasi tersebut kita akan ditindak oleh tim," katanya kepada wartawan di Polda Sulut, Senin (9/2/2015).

Hasil penindakan tim yang terdiri dari Direktorat Reskrimsus, Bidang Propam, Irwasda, Bidang Hukum dan Bidang Keuangan itu akan diungkapkan ke publik "Ini mekanisme pengawasan secara internal, disini kita menunjukkan Polri transparan. Perilaku kesewenangan anggota akan di buka ke umum. Ini merupakan wujud bagaimana polri mencoba untuk menuju meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat," ungkapnya.

Pelapor yang memberir informasi ke Posko Antikorupsi akan dilindungi oleh Polda Sulut. Ia mencontohkan kasus semisal seorang Kanit di Polsek tidak menurunkan uang patroli padahal DIPA Polri sudah diturunkan, contoh kasus seperti akan diusut oleh tim dari Posko Anti Korupsi. "Ada penyalahgunaan wewenang, kita usut sampai sejauh mana, apa tindak pidana pelanggaran kode etik dan disiplin," kata dia.

"Jika laporan sudah masuk ke posko akan dianalisa kemudian kategorikan diambil alih Polda,atau dilimpahkan ke Polres, dengan ketentuan dimonitor Polda," sebutnya lagi.

Kombes Hilman menyadari dasarnya kejelekan instansi seharusnya ditutup rapat, namun saat ini kebijakan pimpinan Polri harus terbuka. "Aturan mekanisme kita sampaikan, anggota salah ya salah, tidak akan ditutup-tutupin," sebut dia.

Untuk cara pelaporan bisa langsung atau lewat ponsel, nanti hasil laporan akan diturunkan tim di bawah kordinator Wakil Direktur Krimsus AKBP Sumitro.

Apa nantinya tidak memberi beban kerja bagi Polisi? Hilman menyampaikan tak ada masalah, "Kan ini bentuk pemberantasan korupsi sudah tugas kami," ungkapnya.

Posko Anti Korupsi lanjut dia akan segera beroperasi tinggal menunggu sprint ditandatangani Kapolda Sulut Brigjen Jimmy Palmer Sinaga. "Sudah saya ajukan tinggal ditandatangani sprin-nya oleh Kapolda," pungkas dia


Anda sedang membaca artikel tentang

Buka Posko Anti Korupsi, Polda Sulut Siap Ungkap 'Borok' Sendiri

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/02/buka-posko-anti-korupsi-polda-sulut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Buka Posko Anti Korupsi, Polda Sulut Siap Ungkap 'Borok' Sendiri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Buka Posko Anti Korupsi, Polda Sulut Siap Ungkap 'Borok' Sendiri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger