Warga Bakar Tiga Kantor Kecamatan

Written By Unknown on Sabtu, 13 Desember 2014 | 11.37

AMBON, BN -Tiga kantor kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah dibakar massa yang menuntut adanya pemekaran kabupaten baru di wilayah tersebut, Jumat (12/12) dinihari.

Warga marah dan membakar tiga kantor kecamatan di wilayah tersebut karena mereka kecewa dengan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, yang dinilai menghambat proses pemekaran kabupaten baru di wilayah itu.

"Seluruh syarat telah terpenuhi tapi Bupati Maluku Tengah terus menghalangi proses pemekaran kabupaten Seram Utara. Bupati tidak juga menandatangani rekomendasi pemekaran, padahal DPRD Maluku Tengah dan Gubernur Maluku sudah menyetujuinya," ungkap salah satu tokoh masyarakat Seram Utara saat dihubungi, Jumat siang.

Kapolres Maluku Tengah AKBP Herley Silalahi membenarkan bahwa warga Seram Utara yang melakukan protes telah membakar tiga kantor kecamatan di wilayah Seram Utara.

"Massa telah membakar tiga kantor kecamatan yakni kantor Kecamatan Wahai, kantor Kecamatan Seram Utara Timur Seti dan kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi," ungkapnya.

Menurut Herley, aksi pembakaran tersebut diduga dilakukan sebagai bentuk ketidakpuasan massa atas tuntutan mereka terhadap Bupati Maluku Tengah terkait pemekaran Kabupaten Seram Utara.

"Diduga masalahnya itu terjadi karena masyarakat tidak puas dan kecewa dengan tuntutan pemekaran kabupaten Baru. Mungkin tanggapan pak Bupati tidak merespon sehingga massa marah," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua belum memberikan konfirmasi mengenai masalah tersebut.
Blokade jalan

Selain membakar tiga kantor kecamatan, yaitu kantor Kecamatan Wahai, kantor Kecamatan Seram Utara Timur Seti dan kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, warga yang menuntut pemekaran wilayah Seram Utara sebagai kabupaten baru juga merusak kantor Kecamatan Seram Utara Barat di Pasanea, Maluku Tengah.

Sumber Kompas.com menyebutkan warga merusak kantor camat tersebut dengan cara melempari kaca-kaca jendela dan mengobrak-abrik kantor itu sejak Jumat pagi. Warga juga merusak meja dan kursi serta seisi ruangan didalam kantor sehingga berantakan.

Setelah puas merusak kantor tersebut, warga lalu menyegel kantor itu dengan cara menutup pintu masuk kantor. Hingga berita ini diturunkan, sekitar pukul 20.50 WIB, ratusan personel TNI/Polri dari Kota Masohi belum berhasil menerobos blokkade jalan yang dilakukan warga. (kcm)


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Bakar Tiga Kantor Kecamatan

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/12/warga-bakar-tiga-kantor-kecamatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Bakar Tiga Kantor Kecamatan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Bakar Tiga Kantor Kecamatan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger