Terminal Sungailiat Jadi Terminal Angkot

Written By Unknown on Senin, 22 Desember 2014 | 11.37

- Pascapembangunan Terminal Baru di Air Ruay

SUNGAILIAT, BANGKA POS - Dishubtelkominfo Bangka berencana menjadikan Terminal Sungailiat menjadi terminal angkotan kota. Hal itu direalisasikan setelah terminal yang berlokasi di dekat Pasar Sungailiat itu dipindahkan ke Air Ruay, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, pada tahun 2016 mendatang.

Kepala Dishubtelkominfo Bangka, Dawani mengatakan pemindahan terminal juga diikuti dengan penataan kios-kios dan penempatan pedagang di Terminal Sungailiat yang ada saat ini. Kios-kios pedagang akan dibangun ulang dengan posisi beberapa meter ke depan dari kios yang ada saat ini.

Selanjutnya, kata Dawani, sisa lahan di belakang kios akan dibuat akses jalan kendaraan yang akan memutari terminal. Sehingga masyarakat yang berkunjung kesana akan merasa nyaman. "Itu rencana kita namun bisa saja kedepannya ada perubahan dan terminal Sungailiat beralih fungsi kita tidak tahu pasti," kata Dawani belum lama ini.

Dawani mengatakan rencana pemindahan Terminal Sungailiat ke Air Ruay sebenarnya direncanakan tahun depan. Namun perubahan tipe terminal menjadi penyebab penundaan rencana tersebut.

"Sebenarnya tahun 2015 direncanakan mulai pembangunan fisik terminal baru. Namun karena ada perubahan rencana yakni tipe dari Tipe B yang direncanakan ke Tipe A maka kemungkinan baru tahun 2016 akan dilakukan," ujarnya.

Perbaikan akses jalan
Menurut Dawani, terminal baru nanti tak hanya menampung bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melayani dua rute di Pulau Bangka juga bakal ditampung di terminal tersebut.
Terminal baru di Air Ruay akan didukung perbaikan akses jalan yang akan dilebarkan.

Dawani menyebut pelebaran jalan dilakukan mulai dari Simpang Gedung Juang Sungailiat-Lubuk Kelik-Terminal Air Ruay akan dilebarkan yang akan dijadikan akses bus dan angkot dari Pangkalpinang. Begitupula akses jalan Terminal Air Ruay-Parit 7 Kuday-Sinar Jaya akan diperbaiki dan dilebarkan untuk akses dari arah Belinyu.

"Semua akses jalan akan diperbaiki dan dilebarkan menuju dan keluar dari Terminal Air Ruay yang akan dibangun tersebut," kata Dawani. (die)

Untuk pembangunan fisik terminal baru dengan perubahan dari tipe B ke tipe A tidak banyak perubahan mengenai pengajuan dana pembangunan yang diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp 18-19 miliar. Bagaimana kelanjutan pembangunan fisik terminal baru ini, baca berita selengkapnya di Harian Pagi Bangka Pos, Edisi Cetak, Senin (22/12/2014).


Anda sedang membaca artikel tentang

Terminal Sungailiat Jadi Terminal Angkot

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/12/terminal-sungailiat-jadi-terminal-angkot.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Terminal Sungailiat Jadi Terminal Angkot

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Terminal Sungailiat Jadi Terminal Angkot

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger