Kapolda Siap Tuntaskan Penyelidikan

Written By Unknown on Sabtu, 20 September 2014 | 11.37

• Kasus Dugaan Jual-beli Pasir Timah Ilegal

PANGKALPINANG, BN - Kapolda Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Gatot Subiyaktoro berjanji akan menuntaskan penyelidikan kasus dugaan jual-beli pasir timah ilegal yang melibatkan Direktur Utama PT BTUS, Tj, bakal berlanjut. Dia tidak khawatir bila dalam prosesnya ada intervensi atau tekanan dari pihak lain.

"Kami bekerja dengan sebenarnya. Kenapa harus kuatir ada intervensi itu? Ada juga pimpinan Kami. Dan Kami dilindungi dalam melaksanakan tugas ini," ujar Gatot, Jumat (19/9).

Gatot juga menegaskan, dalam proses penyidikan kasus tersebut, dia tetap berpegang pada saksi-saksi dan bukti yang ada. Demikian menetapkan tersangka para pelaku-pelakunya.

"Kalau bukti-bukti dan saksinya ada kita teruskan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, tim gabungan Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri dan Ditreskrimsus Polda Babel menetapkan dua tersangka, yaitu Tj dan Af, dengan tuduhan jual-beli pasir timah ilegal. Penetapan itu merupakan pengembangan dari pencegahan 91 kontainer bermuatan timah di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, belum lama ini.

PT BTUS merupakan satu dari 23 perusahaan yang dicurigai polisi melakukan pelanggaran. Polisi juga menduga adanya keterlibatan surveyor dalam pelanggaran tersebut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Babel Kombes (Pol) Heri Santoso menyebut PT BTUS memilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang sudah berakhir April lalu. Namun perusahaan tersebut tercatat sudah melakukan sembilan kali ekspor. Heri mengatakan penyidik juga mendalami beberapa perusahaan lainnya yang diduga melakukan pelanggaran serupa.

Lebih lanjut, Gatot mengaku pihaknya masih terus mengembangkan kasus yang mendudukan Tj dan Af sebagai tersangka. Sedangkan barang bukti timah yang diamankan, akan dilakukan uji laboratorium. Akan dipastikan kembali kadar timahnya, yang sesuai berdasarkan aturan perundang-undangan. (can)

Selengkapnya Baca Babel News Edisi Cetak Sabtu (20/9/2014)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kapolda Siap Tuntaskan Penyelidikan

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/09/kapolda-siap-tuntaskan-penyelidikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kapolda Siap Tuntaskan Penyelidikan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kapolda Siap Tuntaskan Penyelidikan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger