Pendaftaran CPNS Babar Diperkirakan 20-25 Agustus

Written By Unknown on Kamis, 24 Juli 2014 | 11.37

MUNTOK, BANGKA POS - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Bangka Barat (Babar) tahun 2014 diperkirakan dibuka pada 20-25 Agustus mendatang. Sedangkan pelaksanaan tes penerimaan CPNS diperkirakan berlangsung pada 1 September 2014.
"Itu jadwal sementara sesuai informasi dari Kemenpan dan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), saat kami rapat di Kemenpan Kamis pekan lalu. Kemungkinan, jadwal itu bisa saja berubah," kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bangka Barat, Ismantho kepada Bangka Pos, Rabu (23/7).
Mulai tahun 2014 ini, lanjut Ismantho, pemerintah pusat tidak lagi memberikan dan menentukan formasi CPNS daerah namun hanya memberikan kuotanya saja. Di tahun sebelumnya, kuota dan formasi CPNS daerah ditentukan oleh pemerintah pusat.
"Nah, sekarang kita daerah diberikan kewenangan yakni untuk menentukan formasi CPNS. Tapi daerah tidak bisa menentukan kuota. Soal kuota CPNS yang memutuskan pusat," ungkap Ismantho.
"Kenapa pusat memberikan kewenangan ke daerah? Karena daerahlah yang tahu kebutuhannya. Dengan diberikannya kewenangan tersebut maka kita dari daerah yang menyusun kebutuhan daerahnya sendiri, pusat hanya menentukan kuota saja," ujarnya.
                                                                                                Mengakomodasi lulusan SMK
Tahun ini, Kabupaten Bangka Barat mendapatkan kouta penerimaan CPNS sebanyak 104 orang. Jumlah tersebut terdiri atas formasi tenaga pendidikan sebanyak 17 orang, tenaga kesehatan 15 orang, dan formasi tenaga teknis sebanyak 72 orang.
Dalam penerimaan CPNS 2014, Pemkab Bangka Barat juga akan membuka lowongan formasi tenaga teknik untuk lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) jurusan mesin, pariwisata, dan komputer jaringan.
"Tujuan kita, intinya mengakomodir anak-anak lulusan SMK di daerah kita sendiri (Kabupaten Bangka Barat--red). Satu sisi kita memang membutuhkan tenaga untuk bidang itu. Tapi dalam pendaftarannya nanti terbuka untuk umum. Daerah mana saja bisa ikut yang penting masih NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ucap Ismantho.
Selain itu, sepuluh dokter akan diterima menjadi CPNS Kabupaten Bangka Barat tanpa melalui tes. Awalnya, kesepuluh dokter tersebut berstatus tenaga honorer dan pegawai tidak tetap (PTT).
Penerimaan mereka menjadi CPNS di luar formasi umum atau di luar formasi CPNS 2014.
"Sepuluh dokter ini diangkat langsung oleh pusat. Berkasnya sudah kita kirim ke BKN (Badan Kepegawaian Negara) pusat untuk penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai). Pengangkatan sepuluh dokter tersebut dasarnya Surat Menpan dan RB RI Nomor: FD/136/M.PAN-RB/06/2014  tentang Persetujuan Alokasi Formasi CPNS Khusus Dokter pada Kabupaten Bangka Barat," ungkap Ismantho.
Hingga tahun 2014 ini, lanjut Ismantho, jumlah PNS di Kabupaten Bangka Barat sebanyak 2.992 orang. Jumlah itu belum termasuk CPNS kategori dua (K2) sebanyak 161 orang yang diangkat secara bertahap. Pengangkatan CPNS K2 tahun ini sebanyak 50 persen dan tahun depan 50 persen.
 "Kalau ditambah lagi dengan pengangkatan CPNS K3 dan K2 dan 10 dokter maka jumlah pegawai kita bisa terealisasi 3.267 orang. Sedangkan kebutuhan idealnya 5.300 pegawai," kata Ismantho. (yik)

Simak berita lengkapnya di Bangka Pos/Pos Belitung/Koran BN edisi cetak


Anda sedang membaca artikel tentang

Pendaftaran CPNS Babar Diperkirakan 20-25 Agustus

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/07/pendaftaran-cpns-babar-diperkirakan-20.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pendaftaran CPNS Babar Diperkirakan 20-25 Agustus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pendaftaran CPNS Babar Diperkirakan 20-25 Agustus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger