Pasokan Listrik PLN Pas-pasan

Written By Unknown on Selasa, 22 April 2014 | 11.37

* Pemadaman Listrik Berlanjut

TANJUNGPANDAN, BANGKA POS - Pasokan listrik PLN mengalami gangguan akibat kerusakan mesin pada unit pembangkit listrik di PLTD Pilang Tanjungpandan dan PLTD Padang Manggar. Akibatnya, pasokan daya listrik berkurang. PT PLN pun terpaksa masih melakukan pemadaman listrik bergilir sampai mesin selesai diperbaiki.

Manager PLN Unit Layanan Belitung, Donny Adriansyah, mengatakan PLN saat ini mengalami kendala berupa gangguan kerusakan mesin di unit pembangkit listrik PLTD Pilang dan PLTD Padang.

Kerusakan itu menyebabkan berkurangnya pasokan listrik ke masyarakat. Pasokan listrik yang seharusnya dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat sebesar 34 Megawatt (Mw) hanya dapat dipenuhi sebesar 28 Mw.

Menurut Donny, pasokan listrik sebesar 34 Mw itu sebenarnya masih belum ideal untuk mencukupi kebutuhan listrik masyarakat di Belitung. "Pasokan listrik 34 Megawatt sudah sangat pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Donny kepada Bangka Pos, Senin (21/4).

Donny mengatakan, beban puncak penggunaan listrik sebesar 34 Mw umumnya terjadi setiap hari pada waktu malam sekitar pukul 18.00 hingga pukul 22.00. Pengecualian untuk hari libur, beban puncak hanya sekitar 30 Mw. Masyarakat pada hari libur biasanya bepergian keluar rumah dan jarang menggunakan peralatan listrik.

Pasokan listrik yang hanya sebesar 28 Mw tidak mampu mencukupi kebutuhan listrik sebesar 34 Mw. PLN terpaksa mengadakan pemadaman bergilir di setiap tempat.

PLN sebelumnya sudah melakukan beberapa upaya untuk meminimalkan dampak pemadaman listrik. Upaya itu antara lain dengan meminta pihak industri maupun pihak usaha untuk menggunakan tenaga listrik alternatif lain seperti mesin genset di waktu beban puncak pada pukul 18.00 hingga pukul 22.00.

PLN juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung dan Belitung Timur untuk membantu penerangan lampu jalan umum. (m6)

Selengkapnya Baca Bangka Pos Edisi Cetak, Selasa (22/4/2014)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pasokan Listrik PLN Pas-pasan

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/04/pasokan-listrik-pln-pas-pasan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pasokan Listrik PLN Pas-pasan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pasokan Listrik PLN Pas-pasan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger