Angka Epidemik Malaria Turun Drastis

Written By Unknown on Selasa, 29 April 2014 | 11.37

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Pangkalpinang, salah satu dari kota yang mendapatkan penghargaan eliminasi malaria di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Angka epidemik malaria yang menurut drastis di Kota Pangkalpinang menjadi alasan utama perolehan penghargaan eliminasi malaria tersebut.
"Sudah 4 tahun terakhir ini untuk Kota Pangkalpinang sendiri mengalami penurunan yang cukup tinggi, khususnya di epidemik malaria. Tadinya kita berada di angka 1 ml untuk tahun 2011, tahun 2012 menjadi 0, 67 ml, kemudian 2013 menjadi 0, 39 ml. Penurunan ini sangat drastis untuk tingkat kota," papar Tri Endriyanto, Staf Dinas Kesehatan Pangkalpinang divisi Pengelolaan Program Malaria, Senin (28/4).
Tri juga mengatakan walaupun ada wilayah di Pangkalpinang yang masih berada dalam kategori moderate, yaitu dengan angka epidemik sebesar 2,9 ml, namun tetap masih berada di bawah angka epidemik malaria untuk tingkat nasional.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang Syahrizal menghimbau masyarakat tuk semakin menjaga kebersihan khususnya tempat-tempat yang rawan dengan jentik myamuk.
"Justru mempertahankan penghargaan ini yang sulit. Karena itu, kita juga mengantisipasi dengan membagikan kelambu kepada ibu-ibu hamil. Didalam kelambu itu sudah ada insektisida yang nantinya akan membunuh nyamuk. Jadi, untuk masyarakat yang menerima kelambu tersebut, tolong jangan digunakan diluar fungsi seharusnya. Jangan sampai dijadikan jala ikan atau malah dijual," himbau Syahrizal saat ditemui harian Bangka Pos, Senin (28/4).
Syahrizal juga menambahkan kalau ada beberapa tahap yang penting untuk dilaksanakan pasca eliminasi malaria yaitu surveilans epidimologi dan penanggulangan wabah, pencegahan dan penanggulangan resiko, peningkatan jumlah sumber daya manusia, peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi serta penemuan dan tata laksana penderita.
"Penting bagi semua pihak terkait untuk mengetahui hal tersebut. Menjaga dan mempertahankan apa yang sudah kita dapat ini malah lebih sulit. Jangan sampai jumlah epidemik malaria malah bertambah. Semoga kedepannya, malah semakin menurun," tambahnya. (m1)


Anda sedang membaca artikel tentang

Angka Epidemik Malaria Turun Drastis

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/04/angka-epidemik-malaria-turun-drastis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Angka Epidemik Malaria Turun Drastis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Angka Epidemik Malaria Turun Drastis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger