BANGKAPOS.COM - Belanja iklan di platform mobile tahun ini diprediksi akan mencapai 31,45 miliar dollar AS, meningkat 75,1 persen dibanding tahun lalu. Angka tersebut nyaris seperempat dari total belanja iklan secara keseluruhan di tahun 2014.
Dua perusahaan raksasa TI, Facebook dan Google disebut sebagai pemacu utama meningkatnya iklan di perangkat genggam ini.
Hal tersebut terungkap dari data yang dirilis oleh situs eMarketer pada Rabu (19/3/2014). Bahkan, jika digabungkan, pendapatan Google dan Facebook dari iklan mobile di tahun 2013 mencapai 6,92 miliar dollar AS.
Kontribusi kedua raksasa TI tersebut mencapai 75 persen dari total pendapatan iklan mobile yang sebesar 9,2 persen. Dengan demikian, Facebook dan Google menguasai dua per tiga pangsa pasar iklan mobile di seluruh dunia.
Facebook disebut Emarketer menjadi perusahaan yang pangsa pasarnya melesat. Di tahun 2012 lalu, jejaring sosial ini hanya menguasai 5,4 persen pasar iklan global. Namun di tahun 2013, angkanya melejit menjadi 17,5 persen. eMarketer sendiri memprediksi pangsa pasar Facebook tahun ini akan mencapai 21,7 persen.
Sementara itu, Google masih menjadi perusahaan yang mendominasi pasar iklan mobile di seluruh dunia. Tahun 2013 lalu, Google menguasai 50 persen pangsa pasar iklan di segmen mobile. Untuk tahun ini, eMarketer memprediksi pangsa pasar Google justru akan menurun, karena faktor pesatnya pertumbuhan iklan di Facebook.
Pasar iklan mobile sendiri akan terus tumbuh di masa-masa mendatang. Semakin besarnya pendapatan iklan Facebook dari iklan mobile juga menjadi indikasi bahwa ke depannya Facebook akan lebih serius di segmen mobile.
Di tahun 2012 lalu, pendapatan iklan Facebook dari iklan di perangkat mobile hanya sebesar 11 persen dari total pendapatan perusahaan. Namun pada tahun 2013, iklan mobile Facebook menyumbang keuntungan hingga 45,1 persen.
Kini di tahun 2014, eMarketer memprediksi segmen mobile akan menyumbang 63,4 persen dari total keuntungan iklan Facebook. Sementara untuk Google, tahun ini pendapatan dari iklan mobile akan meningkat menjadi 33,8 persen dibanding tahun lalu sebesar 23,1 persen.
Anda sedang membaca artikel tentang
Google dan Facebook Kuasai Pasar Iklan Mobile
Dengan url
http://bangkabarita.blogspot.com/2014/03/google-dan-facebook-kuasai-pasar-iklan.html
Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya
Google dan Facebook Kuasai Pasar Iklan Mobile
namun jangan lupa untuk meletakkan link
Google dan Facebook Kuasai Pasar Iklan Mobile
sebagai sumbernya
0 komentar:
Posting Komentar