Nganggung Meriahkan Maulid Nabi di Tanjung Ratu

Written By Unknown on Selasa, 14 Januari 2014 | 11.37

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Warga di Desa Tanjung Ratu Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa (14/1/2013) merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Barkah Tanjung Ratu.
Sejak pukul 07.00 WIB warga Desa Tanjung Ratu sudah berduyun-duyun menuju Masjid Al Barkah dengan membawa dulang merah berisi nasi lengkap dengan lauk pauk dan buahnya.

Kegiatan ini menunjukan semangat gotong-royong masyarakat di Kabupaten Bangka dengan tradisinya nganggung dan adat Sepintu Sedulangnya.

Kegiatan Maulid Nabi di Masjid Al Barkah ini dimulai dengan pembacaan Kalam Ilahi yang dilantunkan oleh Fitri sebagai qori.
Acara Maulid Nabi Muhammad ini dihadiri Staf Ahli Bupati Bangka Murjadi, Camat Sungailiat Thony Marza, Anggota DPRD Babel Junaidi, Anggota DPRD Bangka Agung Setiawan,serta tokoh masyarakat lainnya.

Diakui Ketua Panitia Maulid Nabi Desa Tanjung Ratu, Mahari, kegiatan ini diselenggarakan dari dana swadaya masyarakat dan donatur yang menghabiskan dana sekitar Rp 50 juta. Selain itu juga masing-masing kepala keluarga di Desa Tanjung Ratu menyumbangkan telur sebanyak 15 butir.

"Pada kegiatan ini kita menyenggarakan berbagai lomba untuk adik-adik kita seperti lomba azan, pembacaan Al Qur'an, dan tauziah. Sedangkan untuk masyarakat kita menyenggarakan panjat pinang dan  sepak bola antar RT dan dambus. Untuk para anak bola ada festival band," kata Mahari dalam sambutannya.

Sementara itu Tokoh Agama Desa Tanjung Ratu, Bahrun, Maulid Nabi ini merupakan kecintaan masyarakat terhadap Nabi Muhammad SAW dengan merayakan hari kelahirannya.

"Kegiatan ini sudah kami laksanakan sebanyak 26 kali. Harapan kami kegiatan ini menjadi motivasi dimana  menyiapkan diri dan waktu untuk merayakan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW," ungkap Bahrun.

Dia mengatakan saat mengingat kelahiran Nabi Muhammad ini perbanyaklah untuk bersholawat dimana dalam hadisnya
dengan sholawat kepada Nabi Muhammad bisa menolak murka Allah SWT, meluaskan rezeki dan melemahkan setan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Nganggung Meriahkan Maulid Nabi di Tanjung Ratu

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/01/nganggung-meriahkan-maulid-nabi-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nganggung Meriahkan Maulid Nabi di Tanjung Ratu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nganggung Meriahkan Maulid Nabi di Tanjung Ratu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger