UBB dan SPN Dongkrak Ekonomi Warga Balunijuk

Written By Unknown on Senin, 11 November 2013 | 11.37

MERAWANG, BANGKA POS - Bisnis rumah makan dan pertokoan terus bermunculan di Desa Balunijuk Kecamatan Merawang, seiring berdirinya kampus Universitas Bangka Belitung (UBB) dan gedung Sekolah Kepolisian Negara (SPN) di wilayah desa itu. Tak hanya itu, perekonomian masyarakat Desa Balunijuk pun terdongkrak dengan berdirinya kampus UBB dan SPN tersebut.
Pantauan Bangka Pos Group, Sabtu (9/11), di Desa Balunijuk sudah berdiri puluhan rumah makan (RM) dan pertokoan. Transasksi perdagangan di desa ini pun tampak hidup. Konsumennya didominasi dari kalangan mahasiswa.
"Kampung kami sudah maju sekarang, sejak ada UBB dan SPN. Sudah banyak yang buka usaha di desa kami. Rumah makan sudah banyak, tempat kos-kosan penuh. Bahkan tahun ini puluhan warga kami yang naik haji gara-gara tanahnya dibeli para investor," kata ibu rumah tangga di Desa Balunijuk saat berbincang dengan Bangka Pos Group, Sabtu (9/11).
Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bangka, Hendra Yunus, mengakui keberadaan kampus UBB dan SPN menyebabkan berkembangnya perekonomian masyarakat Desa Balunijuk.
Menurut anggota legislatif dari daerah pemilihan Merawang tersebut, sejak dulu Desa Balunijuk merupakan sentra pertanian dan pekebunan. Hasil pertanian dan perkebunan menjadi penghasilan warga setempat. Namun, Desa Balunijuk melompat lebih cepat ketika berdirinya kampus UBB dan SPN di wilayah desa tersebut.
Hendra juga tak menyangkal banyak warga Desa Balunijuk yang bisa menunaikan ibadah haji karena pengaruh dari perkembangan perekonomian mereka.
"Ya Insya Allah, karena di situ sentral perkebunan. Selain itu memang karena imbas dari lahan-lahan warga yang dibeli oleh investor untuk pengembangan. Imbas dari UBB dan SPN otomatis berpengaruh. Banyak mahasiswa yang datang, maka otomatis mata pencaharian warga bertambah. Misalnya membuat rumah kos-kosan, rumah makan, tempat fotokopi dan sebagainya," kata Hendra saat dihubungi melalui ponselnya, Minggu (10/11) malam.
Untuk itu, menurut Rendra, pemerintah daerah setempat harus memperhatikan Desa Balunijuk lebih serius lagi ke depan.
Dia menilai, salah satu yang harus diperhatikan adalah infrastruktur jalan di wilayah Desa Balunijuk. "Pemerintah daerah harus perhatikan infrastruktur jalan, harus diperlebar lagi dan harus terus dukung pertaniannya," sebut Hendra. (fly)


Anda sedang membaca artikel tentang

UBB dan SPN Dongkrak Ekonomi Warga Balunijuk

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/11/ubb-dan-spn-dongkrak-ekonomi-warga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

UBB dan SPN Dongkrak Ekonomi Warga Balunijuk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

UBB dan SPN Dongkrak Ekonomi Warga Balunijuk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger