BKKBN Babel Gelar Lomba Penulisan Esay

Written By Unknown on Senin, 12 Agustus 2013 | 11.37

Laporan wartawan bangkapos.com, dodi hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Guna meningkatkan kemampuan dasar Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), mendorong kegiatan pengembangan profesi serta memberikan motivasi dan penghargaan dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Ke-20  tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer bagi PKB/PLKB Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2013.

Menurut Ketua Tim Lomba Karya Tulis Populer PKB/PLKB, Marte Listiowati SPsi, penyelenggaraan Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer Bagi PLKB/PKB ini untuk pembinaan sekaligus meningkatkan semangat, motivasi, dan penghargaan bagi PKB/PLKB dalam pengelolaan program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional di lini lapangan.

"Penyuluh Keluarga Berencana  adalah pegawai negeri sipil dan merupakan jabatan fungsional yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk  melaksanakan kegiatan penyuluhan, pelayanan, evaluasi dan pengembangan KB Nasional. Lomba ini menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan kompetensi PLKB/PKB yang berkaitan dengan tugas pengembangan profesi," ujar Marte kepada bangkapos.com, Senin (12/8).

Marte menjelaskan,  peserta lomba adalah semua  Penyuluh KB/Petugas Lapangan KB, baik PNS maupun honorer. Tema yang diangkat adalah "Aku Bangga Menjadi PLKB".  Waktu pengiriman naskah akan berakhir Selasa (13/8) menurut tanggal diterimanya naskah. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan gaya tulisan populer.

Menurut Marte, Petugas Lapangan Keluarga Berencana atau PLKB adalah Pegawai Pemerintah Daerah yang berkedudukan di Desa/Kelurahan dan bertugas melaksanakan, mengelola, menggerakkan, memberdayakan serta menggalang kemitraan untuk pelaksanaan program Kependudukan dan KB di Lapangan.  Sebagai ujung tombak di lapangan, PLKB dituntut untuk cepat tanggap dalam menyikapi kondisi lapangan yang senantiasa berubah. Untuk itu, tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang PLKB, yakni kemampuan bekerja dengan data, kemampuan membangun jaringan dan kemampuan berkomunikasi harus senantiasa ditingkatkan.

"Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dasar PLKB tersebut adalah melalui kegiatan menulis. Kita berharap melalui lomba menulis ini, para PLKB se Babel semakin terpacu dalam meningkatkan kinerjanya dan kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat. Tujuannya, agar program maupun visi dan misi BKKB secara luas bisa tersosialisasi secara baik kepada masyarakat Babel. Sehingga harapan menjadi keluarga sejahterah dan berkualitas di Babel bisa terwujud," paparnya.

Melalui menulis, lanjut Marte, PLKB dapat memunculkan Ide–ide baru dan kreatif guna mengatasi tantangan tersebut. Tulisan yang dibuat oleh PLKB juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi yang efektif guna menyampaikan ide ataupun informasi mengenai program karena dapat menjangkau sasaran masyarakat yang lebih luas dan lebih banyak jumlahnya apabila tulisan tersebut dapat dipublikasikan.


Anda sedang membaca artikel tentang

BKKBN Babel Gelar Lomba Penulisan Esay

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/08/bkkbn-babel-gelar-lomba-penulisan-esay.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BKKBN Babel Gelar Lomba Penulisan Esay

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BKKBN Babel Gelar Lomba Penulisan Esay

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger