Usulan Lelang Kapolres Hingga Kapolri Berlanjut

Written By Unknown on Kamis, 25 April 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Kamis, 25 April 2013 11:14 WIB

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Markas Besar Kepolisian RI belum mengetahui bagaimana bentuk lelang jabatan Kapolres yang diungkapkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

"Nanti tanya Kompolnas saja mekanismenya kita belum tahu. Mungkin beliau yang punya konsep " kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2013).

Terang Agus Kapolres dan Kapolsek merupakan pejabat publik yang strategis, sehingga harus memiliki berbagai pertimbangan.

Utamanya, sesuai dengan mekanisme yang ada di lingkungan kepolisian sebelum menentukan siapa yang pantas menjabat Kapolres di suatu wilayah.

"Itu melalui proses. melalui proses sidang dewan kebijakan yang disiapkan bagian SDM, mulai dari Mabes Polri dan yang paling pasti harus mampu menguasai medan tugasnya, kaerna seorang kkapolres sampai dengan kapolri sendiri harus siap melaksanakan dan mampu menguasai semua lini," ungkapnya.

Selain itu seorang pimpinan kewilayahan kepolisian pun harus memahami permasalahan yang ada di masyarakatnya dan juga harus mampu melihat, membaca serta mengimplementasikan kemampuan yang dimilikinya.

"Tidak bisa dilihat hanya satu faktor saja. tapi yang jelas pimpinan akan mengirimkan putra terbaiknya untuk memimpin suatu kewilayahan, dan kalau ada hal-hal yang tidak sesuai di masyarakat silahkan dilaporkan biar nanti kita tindak," jelas Agus.

Kepolisian Nasinal (Kompolnas) berharap bila jabatan kapolres menggunakan sistem lelang untuk memberikan keadilan bagi seluruh anggota Polri dalam rangka pembinaan karir.

"Seharusnya jabatan yang dilelang itu kepada Kapolres yang saat ini memiliki persyaratan tertentu untuk memberikan hak yang sama kepada semua calon Kapolres," kata anggota Kompolnas Edi Saputra Hasibuan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (22/4/2013).

Terang Edi saat ini ada aturan dari Mabes Polri, bahwa seseorang yang akan menjadi Kapolres harus lulus kursus Kapolres, assessment, dan juga lulus sesprim. "Bagi kami yang paling penting penunjukan Kapolres dilakukan transparan sehingga memberikan keadilan seluruh anggota," ucapnya.

Kompolnas memperhatikan usulan tersebut perlu agar penentuan kapolres kedepan lebih baik, sebab saat in pihaknya masih melihat ada Kapolres yang menjabat sampai empat kali. "Padahal masih ada perwira lain yang bagus. Ini juga harus menjadi perhatian Kapolri baru," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Usulan Lelang Kapolres Hingga Kapolri Berlanjut

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/04/usulan-lelang-kapolres-hingga-kapolri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Usulan Lelang Kapolres Hingga Kapolri Berlanjut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Usulan Lelang Kapolres Hingga Kapolri Berlanjut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger