Akankah Tercipta Der Klassiker atau El Clasico di Final

Written By Unknown on Jumat, 12 April 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Jumat, 12 April 2013 10:58 WIB

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Dua tim wakil Jerman dan dua tim wakil Spanyol lolos ke babak semifinal Liga Champions. Jerman diwakili Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund sedang Spanyol mengirimkan dua tim terbaiknya Real Madrid dan Barcelona.

Hasil di perempatfinal tersebut membuka peluang terjadinya all German final atau all Spanish final. Malah, tidak menutup kemungkinan pula bahwa duel tim dari negara yang sama justru akan terjadi di semifinal.

Semua tergantung hasil undian pada Jumat (12/4) malam ini, yang akan berlangsung di markas UEFA di Nyon, Swiss. Akankah tercipta Der Klassiker atau El Clasico di final?

Ada perasaan penasaran dirasakan skuad keempat tim jelang undian semifinal. Menyoal hal tersebut, penyerang Muenchen Thomas Mueller menegaskan dirinya tak mau pilih-pilih lawan.

"Mari kita lihat pada hari Jumat siapa yang akan kami dapatkan sebagai lawan dan saya tidak akan berkata siapa yang lebih saya inginkan jadi lawan karena saya tak ambil pusing," kata Mueller.

Sementara itu, striker Dortmund, Marco Reus, sudah mulai menimang-nimang kekuatan lawan yang mungkin akan dihadapi di semifinal nanti. Reus menyebut wakil Spanyol Barcelona masih pantas difavoritkan jadi juara di kompetisi ini.

"Barcelona memainkan sepakbola yang sangat bagus. Mereka kapabel mengkreasikan banyak ruang, bahkan menghadapi lawan yang bertahan dengan 11 pemain. Oleh karena itu, Barcelona adalah favorit untuk memenangi Liga Champions," kata talenta Jerman berusia 23 tahun itu kepada Die Welt.

Pantas saja Dortmund menganggap Barcelona sebagai tim yang sangat diwaspadai. Pasalnya hanya Barcelona yang belum pernah dilawan Dortmund dalam perjalanan mereka musim ini.

Dortmund memang mencatat rekor bersih sebagai satu-satunya kontestan semifinal yang belum terkalahkan di Champions musim ini. Tapi mereka belum pernah sekalipun berhadapan langsung dengan Barcelona.

Real Madrid pernah dilawan Dortmund musim ini di babak penyisihan grup. Hasilnya Dortmund mampu menang di kandang dan meraih hasil seri saat bertandang ke markas Madrid.

Sementara Muenchen tentunya bukan lawan yang asing buat Dortmund. FC Hollywood adalah tim yang sering dihadapi di kompetisi domestik Jerman baik di Bundesliga maupun di ajang DFB Pokal.

Namun bintang Muenchen tak berharap bakal bertemu Dortmund di semifinal. "Kami akan senang apabila tidak bertemu dengan Borussia Dortmund. Tapi, dalam situasi seperti sekarang, Anda tidak punya pilihan. Apapun hasil pengundian nanti, kami siap," tandasnya.

Dalam sejarahnya di pentas kompetisi Eropa, Dortmund belum pernah menang atas Barcelona. Mereka hanya membukukan sekali seri dan sekali kalah ketika melawan tim Catalan.

Bagi Barcelona lolos ke semifinal Champions musim ini memperpanjang catatan sejarah mereka lolos ke semifinal. Baik Real Madrid maupun Muenchen adalah lawan yang cukup familiar buat mereka.

Sebagaimana diketahui Barcelona telah berkali-kali berhadapan dengan Madrid dalam laga bertajuk El Clasico. Inilah rivalitas panjang dua tim Spanyol.

Bahkan El Clasico sendiri pernah tersaji di fase semifinal Champions dua musim lalu. Artinya jika drawing nanti mempertemukan Barca-Madrid, maka itu akan jadi ulangan semifinal musim 2011/2012.

"Saya tidak peduli siapa lawan yang akan kami hadapi. Hal yang terpenting adalah berada di semifinal. Tim-tim Jerman sangat kuat dan Real adalah salah satu tim terbaik dalam sejarah," ujar bek Barcelona, Gerard Pique, dikutip uefa.com.

Sebaliknya buat Madrid ada potensi mereka mengulang sejarah musim lalu. Tim ibukota Spanyol ini musim lalu berhadapan dengan Muenchen di fase semifinal. Hasil dari laga dua leg berakhir imbang tapi Madrid tersingkir karena kalah adu penalti.

Kembali ke Munchen, tim yang baru saja menjuarai Bundesliga ini memasuki arena Champions dengan impian ingin menuntaskan pekerjaan yang musim lalu belum mereka selesaikan.

The Bavarians musim lalu sukses melewati fase semifinal dengan mulus tapi mereka kalah di babak final dari Chelsea. Dengan melihat lawan-lawan di semifinal, Barcelona tampaknya akan mendapat perhatian serius Muenchen.

Muenchen mungkin terbiasa melawan Madrid dan Dortmund tapi mereka akan memperbarui persaingan dengan Barcelona jika hasil drawing nanti mempertemukan keduanya.

FC Hollywood mencatatkan rekor pernah menang tiga kali, seri dua kali, dan kalah sekali atas Barcelona di kompetisi level Eropa. Namun rekor itu terjadi sebelum tim Catalan berubah jadi tim terbaik dunia.

Well, menarik untuk menanti hasil drawing semifinal nanti. Tentunya akan lebih mendebarkan jika pada akhirnya undian ini mempertemukan dua tim beda negara. Apapun itu, Liga Champions memang selalu penuh teka-teki.


Anda sedang membaca artikel tentang

Akankah Tercipta Der Klassiker atau El Clasico di Final

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/04/akankah-tercipta-der-klassiker-atau-el.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Akankah Tercipta Der Klassiker atau El Clasico di Final

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Akankah Tercipta Der Klassiker atau El Clasico di Final

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger