Hati-hati, Radang Gusi Bisa Sebabkan Bau Mulut

Written By Unknown on Sabtu, 16 Februari 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Sabtu, 16 Februari 2013 11:16 WIB

BANGKAPOS.COM  - Radang gusi, memang tidak sefamiliar dengan sakit gigi. Seringkali penderita tidak merasakan adanya radang gusi, karena radang gusi pada tahap inisial (awal) tidak menimbulkan rasa sakit.

Ketika gigi mulai tumbuh, sejak saat itu ancaman radang gusi senantiasa menghantui. Karena, semua orang punya peluang yang sama besarnya.
 
Dunia kesehatan menyebut radang gusi ini dikenal istilah Gingivitis. Ini merupakan kelainan jaringan penyangga gigi, yang paling sering terjadi dan selalu ditemukan pada semua bentuk penyakit gusi. Akibatnya, tidak sedikit penderita mengalami nyeri luar biasa dan bau mulut.
 
Tidak hanya itu, radang gusi yang menetap dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan jaringan penyangga gigi. Akibatnya, gigi menjadi goyang bahkan tanggal (lepas). Tanda-tanda umum gingivitis, berupa perubahan warna dan kontur gusi, permukaan mengkilat, dan adanya pendarahan spontan.
 
Dikatakan drg Aprilia Denta Wulandari, penyebab utama dari radang gusi adalah akumulasi plak. Hal ini terjadi, karena sisa-sisa makanan yang tertinggal diantara sela-sela gigi atau di gusi. Jika dalam waktu 72 jam sisa makanan itu belum dibersihkan, maka akan mengeras dan akan terbentuk karang gigi.  
 
"Selain plak sebagai faktor penyebab utama radang gusi, beberapa faktor penunjang yang memudahkan akumulasi plak. Di antaranya, tersangkutnya makanan disela-sela gigi dan menimbulkan rasa sakit, gigi tiruan yang tidak baik, sikat gigi yang tidak bersih, atau tambalan yang tidak sempurna" ungkap dokter gigi RS DKT Bandar Lampung ini.
 
Sedangkan untuk faktor fungsional, tambah Denta, dapat berupa gigi yang tidak beraturan, gigi hilang tidak diganti, atau kebiasaan buruk mengunyah disaat tidur. Selain itu, faktor lainnya bisa terjadi karena perubahan hormon saat hamil, pubertas, pengaruh pil KB, kekurangan vitamin C dan banyak penyebab lainnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hati-hati, Radang Gusi Bisa Sebabkan Bau Mulut

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/02/hati-hati-radang-gusi-bisa-sebabkan-bau.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hati-hati, Radang Gusi Bisa Sebabkan Bau Mulut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hati-hati, Radang Gusi Bisa Sebabkan Bau Mulut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger