Dialog Jadi Pilihan Pemerintah Suriah

Written By Unknown on Minggu, 20 Januari 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Minggu, 20 Januari 2013 10:49 WIB

BANGKAPOS.COM, ALEPPO - Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Muallem meminta kelompok "oposisi kebangsaan" untuk meletakan senjata mereka dan bersedia ikut terlibat pembicaraan untuk membentuk pemerintahan baru.

Walid Muallem mengatakan kelompok oposisi manapun di Suriah bisa bergabung dalam kabinet baru selama mereka bersedia menolak campur tangan asing.

Namun dia juga mengatakan bahwa nantinya pembicaraan dengan kelompok oposisi tidak akan menyinggung soal masa depan Presiden Bashar al-Assad.

Ajakan tersebut sejauh ini tidak mendapat repson positif dari kelompok oposisi yang menolak pegesampingan isu tentang masa depan kepemimpinan al-Assad.

Kelompok oposisi, Koalisi Nasional untuk Revolusi Rakyat Suriah dan Pasukan Opsisi tidak bersedia terlibat dalam pembicaraan tersebut karena sejauh ini mereka sangat mendukung keterlibatan asing dalam penanganan konflik di Suriah.

Aksi warga Suriah menentang kekuasaan al-Assad sejauh ini telah berjalan selama 22 bulan dan diperkirakan telah menelan korban jiwa hingga 60 ribu orang.

Muallem dalam pernyataannya juga menjelaskan meskipun saat ini masih terjadi pertumpahan darah, pemerintah akan terus melanjutkan upaya untuk melakukan dialog dan menyiapkan proses transisi selama tiga bulan ke depan.

"Pertanyaannya adalah jika kekerasan tidak berhenti apakah kita akan melanjutkan dialog atau tidak? Saya mengatakan kita harus terus melanjutkan dialog tersebut," kata Muallem.

Muallem menyampaikan pernyatannya di stasiun televisi milik pemerintah dan hanya sepekan setelah Utusan Khusus Liga Arab dan PBB, Lakhdar Brahimi mengatakan bahwa presiden Suriah tidak boleh menjadi bagian dari pemerintahan transisi negara itu.

"Tidak ada seorangpun yang pantas membicarakan posisi dari presiden....hal itu memang tidak bisa diterima," kata Muallem merespon usulan Brahimi.

Muallem juga meminta PBB untuk mengatasi persoalan di perbatasan negara itu meskipun tampaknya pemerintah Suriah harus sepakat terlebih dulu tentang bagaimana langkah pengamanan di perbatasan bisa dicapai.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dialog Jadi Pilihan Pemerintah Suriah

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/01/dialog-jadi-pilihan-pemerintah-suriah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dialog Jadi Pilihan Pemerintah Suriah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dialog Jadi Pilihan Pemerintah Suriah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger