Stadion Nasional Singapura Dihiasi Kubah terbesar di dunia

Written By Unknown on Selasa, 09 Oktober 2012 | 11.37

Bangkapos.com - Selasa, 9 Oktober 2012 11:01 WIB

BANGKAPOS.COM, SINGAPURA — Singapura siap kembali menampilkan arsitektur terbarunya yang diyakini akan memukau dunia. Setelah menampilkan "perahu" di atap Hotel Marina Bay Sands dan susunan DNA manusia di Jembatan Helix, negeri kota ini akan menghiasi stadion nasional yang baru dengan kubah terbesar di dunia.

Kubah dengan panjang 310 meter dan berat 8.057 metrik ton itu akan merentangi seluruh bagian dari stadion yang dijadwalkan selesai April 2013.

Kubah ini akan mengalahkan rekor 275 meter yang saat ini dipegang Stadion Cowboys di Arlington, Texas, Amerika Serikat.

Proses pembangunan stadion dilakukan konsultan desain dan teknik ternama, Arup, yang sebelumnya juga membangun Hotel Marina Bay dan Stadion Sarang Burung, Beijing.

Desainer Arup, Clive Lewis, menjelaskan, pemilihan bentuk kubah adalah memfasilitasi agar stadion tetap memiliki proses ventilasi udara yang lancar dan alami.

Tentu saja, Clive mempertimbangkan kondisi iklim tropis Singapura yang sering diterpa panas terik dan hujan.

Meski demikian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kubah ini dapat dibuka dan ditutup untuk melindungi penonton dari kondisi cuaca yang buruk. Selain itu, penonton juga akan dimanjakan dengan alat pendingin di bawah tempat duduk.

Stadion Nasional Singapura ini mulai dibangun sejak Juni lalu untuk menggantikan stadion lama yang dirubuhkan. Kelak, stadion yang berkapasitas 55.000 penonton ini akan menjadi bagian dari Singapore Sports Hub, kompleks olahraga yang juga akan dilengkapi dengan gedung akuatik, stadion serbaguna, museum, dan perpustakaan olahraga serta tak ketinggalan pusat perbelanjaan.

Stadion Nasional Singapura diproyeksikan menjadi venue Sea Games 2015 dan Piala Dunia Rugbi 2019. Stadion yang berlokasi di Kallang ini akan menjadi stadion pertama di dunia yang dapat menyelenggarakan pertandingan sepak bola, rugbi, kriket, dan atletik di satu tempat yang sama.


Anda sedang membaca artikel tentang

Stadion Nasional Singapura Dihiasi Kubah terbesar di dunia

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2012/10/stadion-nasional-singapura-dihiasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Stadion Nasional Singapura Dihiasi Kubah terbesar di dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Stadion Nasional Singapura Dihiasi Kubah terbesar di dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger