Tiga Sumur Terkubur di Jalan Endek

Written By wartini cantika on Sabtu, 04 April 2015 | 11.37

Jalan Endek, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung ternyata menyimpan sumber air yang dibuat khusus untuk menanggulangi bencana kebakaran. Sumber air yang terdiri dari tiga buah sumur itu sekarang tinggal kenangan, terkubur di bawah lapisan aspal Jalan Endek.

Pemerhati Sejarah dan Budaya Belitong Salim YAH mengatakan, dirinya masih ingat ketiga sumur tersebut masuk tampak pada tahun 60-an. Diameternya kurang lebih 2 meter dan memiliki penutup yang dibuat rata dengan jalan.

"Jadi kalau ada kebakaran, tutupnya tinggal dibuka, dan warga bisa memadamkan api dengan mengambil air dari ketiga sumur tersebut," kata Salim kepada Bangka Pos, Rabu (1/4).

Menurutnya, ketiga sumur tersebut kemudian ditutup sewaktu Jalan Endek diaspal. Namun lubang sumurnya hingga kini diyakini masih ada. Sebab, sumur tersebut hanya ditutup bagian atasnya, bukan ditimbun dengan tanah.

Terlepas hilangnya ketiga sumur tersebut, Salim melihat penataan Kota Tanjungpandan sudah mengenal sistim antisipasi dini terhadap kebakaran. Jalan Endek merupakan pemukiman Tionghoa yang posisi bangunan sangat rapat dan rentan terhadap kebakaran.

Soal waktu pembangunannya, Salim mengaku belum menemui sumber yang kuat. Namun pemukiman Tionghoa di jalan tersebut setidaknya sudah ada sejak tahun 1877. Sebab, pemukiman tersebut sudah dikenal dengan nama Chineesche Kamp dalam peta Tanjung Pandan buata Belanda, 1877-1878.

Tak hanya sumur, antisipasi kebakaran juga telah membuat setiap persimpangan di pusat kota dipasangi lonceng. Menurut Salim, lonceng tersebut digantung pada sebuah tiang kayu bulin setinggi empat meter. Tiang tersebut dipasangi besi yang berfungsi sebagai tangga menuju puncak.

"Orang bisa naik lewat tangga itu untuk membunyikan loceng di atasnya, gunanya sebagai pemberitahuan kepada masyarakat bahwa ada kebakaran, hampir di setiap persimpangan dulu pernah ada," kata Salim. (Wahyu Kurniawan)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Sumur Terkubur di Jalan Endek

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2015/04/tiga-sumur-terkubur-di-jalan-endek.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Sumur Terkubur di Jalan Endek

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Sumur Terkubur di Jalan Endek

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger