Disbupar Babel Promosikan Lada Cambai dan Hutan Pelawan

Written By wartini cantika on Minggu, 21 Desember 2014 | 11.37

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -  Kebun percontohan lada yang di kelola BP3L (Badan Pengelolaan, Pengembangan dan Pemasaran Lada) di Desa Cambai dan Hutan Pelawan di Desa Namang Bangka Tengah akan dipromosikan secara luas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik di dalam maupun luar negeri.

Keinginan untuk mempromosikan dua lokasi itu termotivasi setelah seluruh pegawai dinas yang bertanggung jawab mengelola sektor pariwisata ini berkesempatan bersama-sama menelusuri dan menikmati secara langsung kedua obyek agro wisata yang terdapat di wilayah Kabupaten Bangka Tengah itu, Jumat (19/12/2014) lalu.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, didapat kesimpulan bahwa dua lokasi itu, memang layak untuk dipasarkan secara luas kepada wisatawan domestik dan mancanegara, dan menjadi varian yang memperkaya destinasi wisata di Bangka Belitung.

'Kebun percontohan lada BP3L memiliki area seluas 6 hektare  hamparannya ditanami tidak kurang dari lima ribu batang lada yang cukup subur, dengan  menggunakan junjung hidup berupa pohon gamal. Selain pemandangan hamparan tanaman lada, para pengunjung juga dapat turut membuat polyback bibit lada, randu dan tanaman lainnya bersama petani BP3L," kata Kepala Disbudpar Babel Tajuddin, Minggu (21/12/2014).

Kebun percontohan lada ini menurut Gunawan, salah seorang pengelolanya, sebenarnya hanya dimaksudkan untuk melestarikan tanaman lada putih, yang sejak dulu sudah menjadi tanaman tradisional masyarakat Bangka Belitung, namun dirasakan akhir-akhir ini sudah mulai ditinggalkan masyarakat.

Maka agar tetap lestari, pihak BP3L berusaha terus mengembangkan jenis-jenis lada baru yang lebih produktif dan lebih berkualitas. Seiring dengan tumbuhnya sektor kepariwisataan di Bangka Belitung ini, maka dimanfaatkan pula kebun untuk menjadi obyek wisata agro di Bangka Belitung.


Anda sedang membaca artikel tentang

Disbupar Babel Promosikan Lada Cambai dan Hutan Pelawan

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/12/disbupar-babel-promosikan-lada-cambai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Disbupar Babel Promosikan Lada Cambai dan Hutan Pelawan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Disbupar Babel Promosikan Lada Cambai dan Hutan Pelawan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger