Adzan Berkumandang di Air Anyer Pukul 09.45 WIB

Written By wartini cantika on Rabu, 17 Desember 2014 | 11.38

Adzan Berkumandang di Air Anyer Pukul 09.45 WIB

Bangkapos.com/Disa Aryandi

Iskandar, mengumandangkan Adzan di halaman Masjid Al Farhan Kamal, di Desa Air Anyer, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu (17/12/2014). Adzan tersebut merupakan salah satu bagian dari acara adat Rebo Kasan untuk tolak balak.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kumandang Adzan biasanya berkumandang sesuai waktu shalat lima waktu dalam sehari. Namun, Rabu (17/12/2014) pagi, suara Adzan terdengar sekitar pukul 09.45 WIB.

Ternyata kumandang adzan kali ini terkait adanya Upacara Adat Rebo Kasan yang berlangsung di halaman Masjid Al Farhan Kamal, di Desa Air Anyer, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Adzan itu disuarakan langsung oleh salah satu tokoh adat Air Anyer, Iskandar. Warga sekitar menyaksikan suara adzan itu sebagai bentuk tolak bala bagi kampung Air Anyer.

"Itu salah satu posesi acara Rebo Kasan ini, ya sebagai tolak balak lah istilah nya," ucap Jumiat (53) warga setempat kepada Bangkapos.com disela-sela upacara adat, Rabu pagi.

Selain itu acara Ukhuwah Islamiyah ini menjadi bagian dari rangkaian yang diikuti oleh warga Air Anyer, termasuk meminum air wafak. Air wafak yaitu air yang telah didoakan dan di simpang di dalam dua gentong.

Prosesi acara Rebo Kasan lainnya, adalah menarik ketupat lepas oleh dua orang dengan cara saling tarik. Satu ketupat harus ditarik oleh dua orang, usai mendengarkan doa dari salah satu  tokoh agama.
"Air wafak, tarik ketupat itu sebagai pelengkap acara. Inti nya semua untuk tolak balak saja," sebut pria paru baya ini.

Bagaimana prosesi Upacara adat Rebo Kasan kali ini, simak beritanya di Bangka Pos/Pos Belitung/Koran BN edisi cetak


Anda sedang membaca artikel tentang

Adzan Berkumandang di Air Anyer Pukul 09.45 WIB

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/12/adzan-berkumandang-di-air-anyer-pukul.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Adzan Berkumandang di Air Anyer Pukul 09.45 WIB

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Adzan Berkumandang di Air Anyer Pukul 09.45 WIB

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger