650 Ayam dan Itik Mati Mendadak

Written By Unknown on Selasa, 18 Maret 2014 | 11.37

BANGKAPOS.COM, TUTUYAN - Ratusan ayam dan itik mati mendadak di Desa Bulawan Bolaang Mongondow Timur karena diduga terserang virus flu burung (H5N1).

Informasi yang dihimpun Tribun, tercatat sudah lebih dari 650 ekor ayam dan itik mati bulan ini. Peristiwa terjadi di Desa Bulawan bersatu sejak bulan lalu dan kini mulai menyebar di Desa Kotabunan.

"Saat ini sedang sosialisasi di Desa Bulawan. Ayam dan itik kurang lebih 650 yang sudah meninggal," kata Kepala Dinas Kesehatan, Boltim, Eko Marsidi melalui telepon, pada Senin (17/3/2014) malam.

Katanya, sesuai hasil survei kasus tersebut mulai muncul Januari. Sehingga 2 pekan lalu pihaknya melakukan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan alat dinas pertanian dan peternakan (Distanak) sudah ada hewan yang positif virus flu burun 2 ekor.

"Positif ini masih di hewan, sehingga kami melakukan pencegahan jangan sampai berjangkit pada manusia," ujarnya.

Eko mengatakan hingga kemarin masih terdapat ayam milik warga yang mati mendadak. Dia meminta warga untuk tidak panik dan mempercayakan penanganannya kepada pemerintah.

"Apabila ada hewan yakni ayam dan itik yang mati mendadatk kami meminta masyarakat untuk segera melaporkan untuk dilakukan tindakan,"ujarnya.

Selain sosialisasi, beberapa waktu belakangan pihanya sudah melakukan langka cepat termasuk melakukan penyemprotan kandang ayam dan lokasi hewan mati.

"Kalau ayam yang meninggal sudah langsung dikubur dan dibakar. Namun yang sebelumnya kami tidak tahu apa yang dilakukan masyarakat. Besok (hari ini) balai hewan akan turun ke lapangan," ujarnya.

Kepala Bidang Peternakan, Distanak Boltim, Frets Seon menambahkan hasil pemeriksaan hewan yang mati di Desa Bulawan sudah positif tercemar virus avian influenza (AI) flu burung (H5N1).

"Dari data mulai Januari sampai Bulan ini, untuk Desa Bulawan, unggas yang mati sudah mencapai 600 ekor lebih," kata Seon.


Anda sedang membaca artikel tentang

650 Ayam dan Itik Mati Mendadak

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/03/650-ayam-dan-itik-mati-mendadak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

650 Ayam dan Itik Mati Mendadak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

650 Ayam dan Itik Mati Mendadak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger