Jelang Pemilu, Kinerja Anggota Dewan Menurun

Written By Unknown on Senin, 20 Januari 2014 | 11.37

BANGKAPOS.COM, YOGYA - Memasuki tahun 2014 yang merupakan tahun politik, anggota dewan diharapkan tetap fokus menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. Sebab diperkirakan para legislator akan sibuk kampanye karena 'nyalon' lagi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Yogyakarta, Bambang Anjar Jalumurti, Minggu (19/1/2014). Menurutnya, momentum tahun politik seharusnya dapat digunakan untuk menunjukkan kinerja yang bagus dengan tetap fokus melakukan apa yang diamanahkan oleh rakyat.

"Walaupun harus melaksanakan kampanye, momentum tahun politik ini seharusnya digunakan oleh anggota dewan yang menjadi caleg untuk menunjukkan kinerja terbaiknya," kata Bambang.

Selain itu pihaknya juga mengimbau agar para anggota dewan tidak mangkir dari tugasnya. Karena saat ini banyak agenda dewan seperti pembahasan APBD yang masih terus bergulir.

Namun melihat kondisi saat ini, terdapat kecenderungan bahwa kinerja anggota dewan terlihat menurun. Pihak Badan Kehormatan (BK) belum melakukan evaluasi yang secara periodik rutin digelar pada tiap tiga bulan sekali. Menurut Bambang, evaluasi tersebut baru akan digelar minggu depan.

"Evaluasi yang terbaru akan kita lakukan minggu depan, namun untuk evaluasi terakhir yang kita lakukan pada September 2013, dalam evaluasi tersebut rata-rata ada 60 hingga 70 persen anggota dewan yang hadir di alat kelengkapan, berarti ada 30 persen anggota dewan yang perlu kita klarifikasi kehadirannya," kata Bambang.

Bambang menyebutkan BK telah melayangkan surat terkait hal tersebut ke tingkat fraksi, namun hingga saat ini belum mendapat respon dari fraksi-fraksi yang bersangkutan.

Terkait dengan sanksi, menurut Bambang mekanisme pemberian sanksi akan diserahkan ke masing-masing fraksi. Sedangkan BK hanya memberikan anjuran kepada para anggota dewan untuk meningkatkan kinerjanya.

Penurunan kinerja dewan juga dikeluhkan oleh Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Henry Koentjoroyekti. Menurutnya memasuki tahun 2014 yang merupakan tahun politik, anggota dewan dan semua alat kelengkapan harus tetap mematuhi kedisiplinan dan tetap melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Salah satu bentuk kedisiplinan tersebut menurut Henry termasuk juga dalam hal kehadiran dalam mengikuti dan menghadiri agenda-agenda dewan yang ada.

"Saya mengimbau agar anggota dewan dan semua alat kelengkapan mematuhi kedisiplinan, agar agenda dewan yang ada bisa berjalan dengan lancar," ujar pria yang akrab disapa Brindil tersebut.

Menurutnya, selama ini kinerja anggota dewan dinilai menurun, karena dalam beberapa agenda dewan yang ada, sering tidak dapat terlaksana akibat tidak kuorum karena ada beberapa anggota yang tidak hadir.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jelang Pemilu, Kinerja Anggota Dewan Menurun

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2014/01/jelang-pemilu-kinerja-anggota-dewan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jelang Pemilu, Kinerja Anggota Dewan Menurun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jelang Pemilu, Kinerja Anggota Dewan Menurun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger