Kericuhan Rusak Wibawa MK dan Negara

Written By Unknown on Jumat, 15 November 2013 | 11.37

BANGKAPOS.COM, JAKARTA — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengecam kericuhan yang terjadi dalam sidang putusan perkara Pilkada Provinsi Maluku kemarin. Menurutnya, kericuhan tersebut tidak hanya merusak wibawa MK, tetapi juga wibawa negara.

"Apa yang terjadi adalah tindakan dari pendukung yang tidak bermoral, tidak menghargai demokrasi, tidak menghargai negara, merusak wibawa negara," kata Hamdan dalam konferensi pers di Gedung MK, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Menurutnya, MK sebagai lembaga peradilan tertinggi di Indonesia merupakan salah satu lambang negara. Massa yang ricuh kemarin, menurutnya, telah merusak marwah dan wibawa negara.

"Bukan hanya istana lambang negara itu, parlemen juga lambang negara, MK juga lambang negara," ujar dia.

Oleh karena itu, Hamdan menganggap ini sebagai masalah serius. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan, seperti Mabes Polri dan Menko Polhukam, untuk mengusut tuntas kasus ini.

"Harus dicari siapa dalangnya dan harus diberi hukuman setimpal," pungkas Hamdan.

Seperti diberitakan, sidang putusan pilkada ulang Provinsi Maluku di MK berlangsung ricuh, Kamis (14/11/2013). Massa yang diduga berasal dari kubu pasangan Herman Adrian Koedoeboen dan Daud Sangadji mengamuk dan mengubrak-abrik ruang sidang pleno MK.

Saat pembacaan sidang putusan, massa pendukung pasangan bernomor urut empat tersebut, yang berada di luar sidang pleno di lantai dua, berteriak-teriak. Saat itu, majelis hakim sudah menolak permohonan pemohon. Massa kemudian melemparkan kursi-kursi pengunjung dan merusak properti MK.

Sesaat kemudian, massa masuk ke ruang sidang pleno dan mengacaukan sidang. Karena situasi kacau, majelis hakim menunda sidang dan memilih meninggalkan ruangan sidang. Aparat kepolisian yang tidak menduga kejadian tersebut baru masuk ke ruang sidang ketika ruangan sudah berantakan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kericuhan Rusak Wibawa MK dan Negara

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/11/kericuhan-rusak-wibawa-mk-dan-negara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kericuhan Rusak Wibawa MK dan Negara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kericuhan Rusak Wibawa MK dan Negara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger