Inilah Ikan Sepat Bergurat Kaligrafi Allah

Written By Unknown on Rabu, 11 September 2013 | 11.37

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Nama ikan ini sepat. Habitatnya seringkali ditemukan di sungai-sungai air tawar. Jenisnya bukanlah kategori ikan berkelas, karena harganya relatif terjangkau. Namun ketika ikan ini memiliki struktur atau warna yang berbeda dari biasa, itu yang justru mendongkrak nilainya.

Seperti seekor ikan sepat yang dimiliki oleh Asis (33), warga Desa Kayubesi Kecamatan Puding Besar Bangka. Keunikan ikan sepat milik keluarga ini berawal sekitar dua pekan lalu. Saat itu Aziz (33) dan anaknya, Sahid (10) bertandang ke Dusun Limbung Desa Jadah Bahrin Merawang dalam acara adat Mandi Belimau, dua bulan silam.

Di keramaian acara, ia menemukan seorang penjual ikan hias-ikan aduan. Melihat ikan itu, Sahid pun merengek minta dibelikan oleh sang ayah. Azis menuruti permintaan itu dengan cara membeli ikan ini seharga Rp 5.000 perekor. Ikan itu kemudian dibawa pulang dan dipelihara Sahid di dalam toples di rumah mereka.

Awalnya tak ada keunikan apa-apa pada ikan ini. Namun dua hari terakhir, si ikan sepat yang dimaksud mulai menunjukan perubahan mencolok. Warna kulit sisiknya menonjolkan guratan-guratan unik menyerupai sebuah kaligrafi. Kondisi ini memancing perhatian Kepala Desa Kayu Besi, Rohil Djawi (41), dan beberapa warga sekitarnya. Melihat keunikan itu Rohil pun langsung menghubungi wartawan harian ini, Rabu (11/9/2013) pagi.

"Ikan ya waktu mendeik limau mari nya meli e de limbung jadeh barin sekitar due bulen nakyalah. Nya meli a harge lima ribeu. Bereu-bereu nehlah keliet a ade tulis kaligrafi Allah," kata Kepala Desa (Kades) Kayubesi Rohil Djawi dalam dialeg Kayubesi menyampaikan khabar unik itu kepada bangkapos.com, Rabu (11/9/2013) pagi.

Rohil mengaku ikan sepat itu memang hanya ikan biasa. Namun keunikan yang muncul membuat si pemilik ikan semakin menyayanginya. Bahkan karena keunikan itu pula, ikan sepat tersebut dipindahkan dari dalam toples ke dalam aquarium mini. Setiap orang yang melihat guratan di kulit sisik ikan selalu terkagum-kagum. "Ko ge tekejut ngeliat e. Lom banyek urang yeng teu de kampong ne. Pukok e uniklah ikan nech..!" kata Rohil.


Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah Ikan Sepat Bergurat Kaligrafi Allah

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/09/inilah-ikan-sepat-bergurat-kaligrafi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah Ikan Sepat Bergurat Kaligrafi Allah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah Ikan Sepat Bergurat Kaligrafi Allah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger