UBB Ambil Bagian Selesaikan Konflik Perbatasan

Written By Unknown on Rabu, 17 Juli 2013 | 11.37

Laporan Wartawan Bangka Pos Gilang Puspita

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pihak akademisi mencoba untuk ambil bagian dalam menyelesaikan konflik batas wilayah yang ada Kepulauan Bangka Belitung.

Universitas Bangka Belitung yang memfasilitasi kegiatan mengundang pihak pemerintah kabupaten/kota dan provinsi untuk berdiskusi melalui Forum Group Discussion (FGD).

"Kita mengidentifikasi sengketa perbatasan antar kabupaten/kota. Kemudian kami dari akademisi mencoba untuk inisiasi penyelesaian persengketa perlu di lembagakan," kata Dwi Haryadi, Anggota Tim Institusional pada kegiatan ini, Selasa (16/7/2013).

FGD ini sebagai salah satu cara untuk mencari solusi dan faktor penyebab dari adanya persengketaan ini.

Dikatakan Dwi, sengketa ini dikarenakan adanya pemekaran wilayah sehingga masing-masing daerah membuat klaim-klaim tersendiri.

"Klaim-klaim ini lebih bersifat subjektif, masing-masing wilayah mengklaim daerahnya. Masukan dari akademisi ini akan lebih objektif. Kita tidak ada kepentingan, hanya ingin mencari win-win solution-nya," ujarnya.

Dwi mengatakan sengketa ini hanya berbentuk administrasi saja, namun tidak pada konflik yang bersifat negatif (perang fisik).
Contohnya dari segi ekonomi, luas wilayah yang semakin besar juga turun meningkatkan PAD wilayah tersebut. Disamping itu juga dari segi historis, awal keberadaan daerah tersebut.

"Para peserta memandang positif pentingnya adanya kelembagaan yang melibatkan semua pihak untuk menyelesaikan masalah ini," ujarnya


Anda sedang membaca artikel tentang

UBB Ambil Bagian Selesaikan Konflik Perbatasan

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/07/ubb-ambil-bagian-selesaikan-konflik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

UBB Ambil Bagian Selesaikan Konflik Perbatasan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

UBB Ambil Bagian Selesaikan Konflik Perbatasan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger