Johanna Mazibuko, Wanita Tertua Dunia Berusia 119 Tahun

Written By Unknown on Sabtu, 27 Juli 2013 | 11.37

BANGKAPOS.COM - Di usia 119 tahun Johanna Mazibuko, yang hidup di sebuah kota kecil barat daya Johannesburg, bisa menjadi orang tertua di dunia.

Menurut buku identitasnya, Mazibuko lahir pada tahun 1894 dan masih bertahan hidup meski lima dari tujuh anaknya telah meninggal lebih dahulu.

"Tuhan memberikan saya kehidupan yang berlimpah, ditambah bonus. Saya sekarang sangat tua," katanya seperti yang dikutip koran Afrika Selatan Sowetan.

Mazibuko saat ini hidup bersama anak lelakinya, Tseko Mazibuko, berusia 77 tahun di kota Klerksdorp, sekitar 160 km barat daya Johannesburg.

Menurut koran Sowetan, Mazibuko mengaku bangga karena masih mampu merapihkan tempat tidurnya sendiri setiap pagi.

"Saya baik-baik saja," katanya.

Buku identitasnya, yang dikeluarkan tahun 1986, menunjukkan bahwa tanggal lahirnya adalah 11 Mei 1894.

Kementerian dalam negeri Afrika Selatan belum mengkonfirmasi keaslian dokumen Mazibuko, tetapi kantor berita AFP mengatakan pernah melihat salinannya.

Mazibuko yang merupakan anak tertua dari 10 bersaudara dilaporkan hingga saat ini masih memasak, memakai baju, mencuci dan menonton televisi sendiri tanpa bantuan orang lain.

"Dia bisa bergerak sendiri tetapi tidak bisa berdiri terlalu lama. Dia akan pusing," kata anak lelakinya kepada Sowetan.

Mazibuko melewati hidupnya pada masa penjajahan Inggris, apartheid dan era demokrasi pimpinan Nelson Mandela yang terpilih menjadi presiden Afrika Selatan di tahun 1994.

Sebelumnya Sant Kaur Bajwa seorang perempuan lainnya yang diyakini sebagai orang tertua di dunia telah meninggal dunia di usia 115 tahun dan 199 hari pekan lalu.

Sementara menurut catatan rekor dunia Guinness World Records, orang tertua di dunia dipegang oleh Misao Okawa, dari Jepang yang kini berusia 115 tahun.

Rekor orang tertua dalam sejarah adalah Jeanne Calment dari Prancis yang meninggal dunia 4 Agustus 1997 di usia 122 tahun.


Anda sedang membaca artikel tentang

Johanna Mazibuko, Wanita Tertua Dunia Berusia 119 Tahun

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/07/johanna-mazibuko-wanita-tertua-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Johanna Mazibuko, Wanita Tertua Dunia Berusia 119 Tahun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Johanna Mazibuko, Wanita Tertua Dunia Berusia 119 Tahun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger