Dana PNPM Bergulir Untuk Modal Usaha Masyarakat Miskin

Written By Unknown on Jumat, 19 Juli 2013 | 11.37

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dana ekonomi bergulir yang disalurkan
Pembangunan Nasional Program Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan  di Kabupaten Bangka ini diberikan kepada masyarakat miskin yang memiliki usaha.  Pasalnya jika tidak bagi warga miskin yang tidak memiliki usaha dikhawatirkan dana tersebut habis untuk kebutuhan sehari-hari sehingga tidak bisa mengembalikan.

"Program ekonomi bergulir ini diberikan untuk usaha home industri dan usaha kecil dalam bentuk pinjaman," kata Fasilitator PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Bangka Helen  saat Lokakarya Integrasi Kebijakan dan Program Pembangunan Kemiskinan Kabupaten Bangka, selama dua hari Kamis (18/7/2013) di Ruang Pertemuan Bangka Idaman.

Untuk pinjaman pertama menurutnya sebesar Rp 500.000 per orang yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) beranggotakan tiga hingga lima orang yang mempunyai usaha. Jika pinjaman ini lunas maka berlanjut ke pinjaman berikutnya sesuai kebutuhan para anggota KSM.

"Penerima manfaat PNPM ini kk miskin dimana target PNPM adalah mengentaskan kemiskinan dengan meningkatkan taraf hidup mereka," jelas Hellen.

Diakuinya ekonomi bergulir yang menjadi program PNPM ini sudah sejak tahun 2007 tetapi banyak yang macet. Namun menurutnya, jangankan ekonomi bergulir yang dananya untuk masyarakat miskin dibandingkan dengan koperasi banyak yang macet.

"Mereka harus mengembalikan karena ini pinjaman, bunganya itu menurut SOP 1,5 persen tetapi tergantung dari BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) apakah 1 persen atau 1,3 persen boleh," kata Helen.

Diakui Helen untuk wilayah Kecamatan Sungailiat yang memiliki home industri tidak begitu banyak jadi dana ekonomi bergulir ini banyak dipinjam KSM yang memiliki toko kelontong.

Namun diantara KSM tersebut banyak juga yang berhasil seperti salah satu usaha pembuatan kolam dan taman di Airruay yang awalnya mendapatkan bantuan dana ekonomi bergulir dimana dari tahap satu hingga tiga kemudian pinjamannya lunas. Selanjutnya ketika ada program PNPMK ikut untuk peningkatan taraf hidup dimana bisa mendapatkan pinjaman kembali guna mendapatkan dana yang lebih besar.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dana PNPM Bergulir Untuk Modal Usaha Masyarakat Miskin

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/07/dana-pnpm-bergulir-untuk-modal-usaha.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dana PNPM Bergulir Untuk Modal Usaha Masyarakat Miskin

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dana PNPM Bergulir Untuk Modal Usaha Masyarakat Miskin

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger