Prio: Pancasila Makin Tak Populer

Written By Unknown on Kamis, 25 April 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Kamis, 25 April 2013 10:59 WIB

BANGKAPOS, JAKARTA - Perubahan dari era orde baru ke era reformasi telah mengubah semua dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Pancasila dianggap sebagai produk orde baru yang syarat dengan kepentingan penguasa. Pancasila pun sekarang mulai enggan untuk disentuh dan cenderung tidak diperdulikan.

"Pancasila semakin tidak populer serta memudar sehingga bangsa dan Negara Indonesia mengalami kehilangan jati dirinya. Nilai-nilai adiluhung Pancasila sudah semakin tergerus dalam kehidupan sehari-hari," kata Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso dalam keterangan persnya, Rabu (24/4/2013).

Menurutnya, salah satu karakter utama bangsa yang berjiwa Pancasila adalah mandiri, menjunjung tinggi toleransi dan suka bergotong royong. Karakter ini sudah sangat sulit dijumpai pada masyarakat Indonesia.

"Bangsa ini mulai kelihatan kurang mandiri dan sangat tergantung pihak luar. Rasa toleransipun semakin kaku dan sulit menembus batas-batas primordialisme seperti agama, etnis, ras dan golongan," ujarnya.

Dikatakannya, Pancasila tak lagi menjadi sumber energi dan landasan utama dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Sehingga nilai teposiliro sekarang sudah semakin hilang dan amarah serta gesekan sosial smakin cepat melambung.

"Ternyata gesekan sosial yang terjadi akibat semakin lunturnya nilai-nilai kekeluargaan," ujarnya.

Lebih lanjut politisi Partai Golkar ini menegaskan bahwa sikap toleransi yang dahulu di hormati namun sekarang sudah hilang dan
muncul ego-ego sentris.

"Nillai gotong royong yang ada dalam Pancasila pun juga sudah mulai pudar. Dan saya mulai khawatir dan gusar akan nilai-nilai adiluhung Pancasila," imbuhnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Prio: Pancasila Makin Tak Populer

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/04/prio-pancasila-makin-tak-populer.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Prio: Pancasila Makin Tak Populer

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Prio: Pancasila Makin Tak Populer

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger