Keterwakilan Perempuan Cukup

Written By Unknown on Jumat, 22 Maret 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Jumat, 22 Maret 2013 10:24 WIB

Laporan Wartawan Bangka Pos, Al Adhi Setyanto

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Keterwakilan perempuan dalam pencalonan legeslatif dituntut harus memenuhi prosentase 30 persen yang ada dalam peraturan. Kesamaan gender antara pria dan wanita juga harus ditunjukkan dalam bidang politik. Hal ini juga menjadi perhatian serius beberapa partai untuk memberi ruang kepada politisi-politisi perempuan.

DPC Gerindra Kabupaten Belitung menjadi salah satu partai yang telah memenuhi keterwakilan perempuan dalam setiap dapil. Bahkan partai ini mempunyai kuota keterwakilan perempuan yang berlebih di Dapil II Belitung.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Belitung, Hendrik Palit mengatakan hal ini menunjukkan Gerindra mempunyai magnet sendiri bagi politisi perempuan di Belitung. Kepedulian Gerindra terhadap perempuan dan kesamaan gender menjadi faktor yang menarik ketertarikan tersebut.

"Di setiap dapil keterwakilan perempuan 30 persen tidak ada masalah. Sangat mencukupi, apa lagi di Dapil Belitung II, perempuannya lebih yang mendaftar di DPC Gerindra," ungkap Hendrik Palit kepada bangkapos.com, Kamis (20/3/2013).

Ketua DPD Nasdem Kabupaten Belitung, Isyak Meirobie mengatakan partainya memberikan nilai tambah kepada perempuan yang disebut affirmative policy atau kebijakan yang berpihak kepada perempuan. Partai ini akan meletakkan calegnya paling tidak pada nomor urut dua.

"Perempuan di Partai Nasdem minimal berada di nomor urut dua. Kebijakan partai kita memberikan nilai tambah untuk perempuan," ungkap Isyak Meirobie.

DPD Partai Nasdem tak hanya memenuhi kuota yang diatur dalam undang-undang dalam menyertakan perempuan dalam berpolitik. Namun politisi perempuan yang dimiliki Nasdem mempunyai kemampuan dan skill dalam berpolitik.

"Perempuan di Partai Nasdem yang mencalonkan diri sangat layak dan memiliki basis massa. Selain itu mendapat dukungan serta bisa dipercaya melaksanakan tugas melayani aspirasi masyarakat Belitung," jelas Isyak.

Isyak mengatakan partainya juga telah memenuhi komposisi perempuan dalam setiap dapilnya. Sehingga selain memenuhi UU, Nasdem juga menciptakan politisi perempuan yang mumpuni.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Belitung Amran Muslimin mengatakan pihaknya tetap mengusahakan adanya keterwakilan perempuan didalam pencalonan legeslatif nanti. Perempuan sebagai penghormatan Demokrat  tentang kesetaraan gender.


Anda sedang membaca artikel tentang

Keterwakilan Perempuan Cukup

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/03/keterwakilan-perempuan-cukup.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Keterwakilan Perempuan Cukup

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Keterwakilan Perempuan Cukup

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger