Jangan Kucilkan Pasien Tuberkolosis

Written By Unknown on Minggu, 24 Maret 2013 | 11.37

Bangkapos.com - Minggu, 24 Maret 2013 10:16 WIB

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Sampai saat ini masih terjadi perlakuan yang buruk bagi penderita Tuberkulosis.

Sebagian masyarakat memperlakukan para penderita tidak sebagaimana mestinya dengan mengucilkan, menjauhi dan lainnya.

"Stigma negatif yang disematkan kepada penderita TB oleh masyarakat harus segera dihilangkan. Penyakit TB bisa menyerang siapa saja dari semua golongan tanpa memandang latar belakang penderita," jelas Wasor TB Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Ira Kurniaty saat kampanye ADA TB (Anti DiskriminAsi terhadap pasien TB) "Berantas TB, Komitmen Kita Bersama di bantaran banjir kanal timur, Jakarta Timur, Minggu (24/3/2013).

Dalam kampanye yang didukung lembaga kemanusiaan PKPU itu, Ira menyatakan, jumlah penderita tuberkulosis di wilayah DKI Jakarta masih sangat tinggi.

"Ini disebabkan masih kurangnya pengetahuan tentang TB dan kesadaran masyarakat dalam mencegah penyakit tersebut," katanya.

Senada, Manager Kesehatan PKPU Ferry Suranto menyatakan, masyarakat harus mendukung kepada para penderita TB agar sembuh dalam menajalani pengobatannya secara rutin.

"Bukan mengucilkan atau menjauhkan penderita dari pergaulan di masyarakat. Dukungan psikologis dari keluarga dan lingkungan sekitar dapat mempercepat proses penyembuhan pada penderita TB," katanya.

Hari TB Sedunia

Peringatan hari TB sedunia yang dilakukan PKPU, yang didukung lembaga Global Fund, juga memfasilitasi masyarakat di empat kecamatan di Jakarta Timur yakni Pulo Gadung, Duren Sawit, Kramat Jati, dan Makasar.

PKPU mengambil peran dalam penanggulangan TB di wilayah itu sejak tahun 2009. Juga di empat kecamatan di Bengkulu yakni Ratu Samban, Ratu Agung, Singaran Pati, Teluk Segara.

Puncak perayaan hari TB sedunia di Bengkulu, diisi dengan jalan sehat 5 KM yang diikuti oleh 5000 peserta dari para anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasioanl Indonesia), para kader penyuluh TB dari 4 kecamatan dan tenaga kesehatan yang sehari-hari berkecimpung merawat penderita TB.

Jalan sehat yang dimulai pada pukul 06.00 WIB ini akan mengawali dari rute pantai (halaman parkir belakang Bengkulu Indah Mall), hotel horizon dan kembali lagi ke ke garis start. Selama jalan sehat tersebut para peserta akan membagikan brosur serta stiker berisi informasi tentang penyakit TB. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Jangan Kucilkan Pasien Tuberkolosis

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2013/03/jangan-kucilkan-pasien-tuberkolosis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jangan Kucilkan Pasien Tuberkolosis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jangan Kucilkan Pasien Tuberkolosis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger