Siasati Harga, Daging Sapi Beku Mulai Dijual

Written By wartini cantika on Kamis, 22 November 2012 | 11.37

Bangkapos.com - Kamis, 22 November 2012 10:55 WIB

BANGKAPOS.COM, TASIKMALAYA - Menyiasati harga daging sapi yang terus melambung, pedagang daging sapi di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, mulai menjual stok daging yang disimpan di dalam freezer atau lemari es pembeku. Harga daging sapi beku dari dalam freezer pun harganya lebih murah ketimbang daging segar, yakni sekitar Rp 75.000 per kg.

"Daging di dalam freezer ini biasanya dibeli oleh penjual makanan atau warung-warung nasi. Tapi sekarang dilepas ke umum, termasuk para pengusaha katering. Harganya memang lebih miring," ujar salah seorang pedagang daging sapi yang enggan disebutkan identitasnya, saat ditemui Tribun di Pasar Cikurubuk, Rabu (21/11/2012).

Harga daging sapi di Cikurubuk masih bertengger pada angka Rp 86.000-87.000 per kilogram. Menurut pantauan Tribun kemarin, pada pukul 10.00 sebagian pedagang sudah tutup karena selain daging langka juga pembelinya pun menurun. "Daging memang langka karena sapinya habis digunakan untuk kurban kemarin," ujar pedagang sapi lainnya.

Di Kabupaten Garut, persediaan daging sapi di sejumlah pasar makin menipis. Staf UPTD Pasar Induk Guntur Ciawitali, Garut, Husni, mengatakan kelangkaan daging sapi mulai terjadi setelah Iduladha. Para pedagang, ujarnya, kesulitan mendapat sapi pedaging siap potong.

"Berdasarkan hasil pemantauan ke sejumlah pedagang, harga satu kilogram daging sapi berkisar antara Rp 75.000 sampai Rp 80.000. Ini akibat kelangkaan barang," ujarnya saat ditemui di Kantor UPTD Pasar Induk Guntur Ciawitali, kemarin.

Seorang pedagang daging sapi di pasar terbesar di Garut tersebut, Boim (56), mengatakan kelangkaan daging sapi ini berpengaruh pada pendapatan omzetnya. Sebelumnya, Boim bisa menjual sekitar 2 kuintal daging sapi per hari.

"Akibat kelangkaan, saya cuma bisa jual 1,5 kuintal daging sapi. Omzet menurun 25 persen dan pastinya merugikan saya. Padahal pembeli tetap banyak yang butuh daging sapi," ujarnya.

Menurut Boim, para pedagang semakin sulit mendapat sapi pedaging dari Jatim dan Jateng. Karenanya, mereka mencari dan membeli sapi pedaging dari berbagai kampung di Garut.


Anda sedang membaca artikel tentang

Siasati Harga, Daging Sapi Beku Mulai Dijual

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2012/11/siasati-harga-daging-sapi-beku-mulai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siasati Harga, Daging Sapi Beku Mulai Dijual

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siasati Harga, Daging Sapi Beku Mulai Dijual

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger