Tamar Sudah 37 Tahun Jadi Tukang Jagal Sapi Kurban

Written By Unknown on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 11.37

Bangkapos.com - Sabtu, 27 Oktober 2012 10:33 WIB

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM

, BANGKA --  Tamar (72) terlihat tidak canggung mengayunkan parang ke leher sapi saat menyembelih sapi kurban, di Hutan Wisata Sungailiat, Sabtu (27/10/2012).

Sebelum menyembelih sapi-sapi kurban tersebut, kakek inimembacakan doa menyembelih hewan kurban dan menyebutkan nama-nama orang yang berkurban.

Dengan tenang, satu persatu dari 10 ekor sapi kurban dia sembelih di Hutan Wisata Sungailiat, hari ini. Kendati cukup melelahkan, namun Tamar tetap menjalankan tugasnya dengan baik.

Aktivitas menyembelih hewan kurban sudah dilakoni Tamar selama 37 tahun atau sejak tahun 1975 lalu.

"Saya memotong hewan kurban ini sudah dari tahun 1975. Waktu itu tempat pemotongan hewan kurban masih di dekat rumah pak sekda sekarang," ujar Tamar kepada bangkapos.com, di sela-sela pemotongan hewan kurban di Hutan Wisata Sungailiat.

Menurutnya, kunci sukses memotong hewan kurban adalah parang tajam. Tidak heran sehabis memotong sapi, ia langsung mengasah parangnya dan mengolesi parang itu dengan minyak kelapa.

"Dulu tidak sebanyak ini, paling sapi hanya dua ekor, penduduknya juga kan tidak sebanyak sekarang," kata Tamar.

Selain itu, lanjut Tamar, hewan kurban yang dipotong harus diletakkan di tiang dengan berhati agar tenang dan tidak tersiksa saat dipotong. "Dulu daging sapinya bisa lari, ha ha ha. Ada yang diselokan, ada yang di jalan, jadi sulit mengawasi," ungkap Tamar.

Namun sekarang, kata Tamar, proses pemotongan hewan kurban  lebih tertib, dimana seluruh area pemotongan dipagar dan yang mengurusnya hanya panitia saja.

Pembagian daging hewan kurban ini diatur. Pertama dibagikan kepada  pemilik hewan kurban, kemudian para mustahik, selanjutnya baru dibagikan kepada masyarakat sekitar yang meminta hewan kurban.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tamar Sudah 37 Tahun Jadi Tukang Jagal Sapi Kurban

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2012/10/tamar-sudah-37-tahun-jadi-tukang-jagal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tamar Sudah 37 Tahun Jadi Tukang Jagal Sapi Kurban

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tamar Sudah 37 Tahun Jadi Tukang Jagal Sapi Kurban

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger