Pedasnya Sambal Berpadu dengan Ikan Mujair Bakar

Written By Unknown on Sabtu, 06 Oktober 2012 | 11.37

Bangkapos.com - Sabtu, 6 Oktober 2012 11:19 WIB

BANGKAPOS.COM – Ikan mujair dibakar dengan sederhana. Tak perlu tambahan bumbu aneh-aneh, cukuplah dengan garam dan merica. Apalagi ikan mujair di Kota Jayapura terkenal kesegarannya.

Jika berbicara mengenai kuliner khas Jayapura, maka tak bisa lepas dari kuliner serba ikan laut maupun ikan danau serta kawan-kawannya seperti udang, cumi-cumi, dan hidangan laut lainnya. Kota ini memang berada di tepian laut dan dekat dengan Danau Sentani.

Salah satu restoran yang terkenal di Kota Jayapura adalah Rumah Makan Nusantara. Rumah makan ini terdiri dari dua lantai dan selalu dipenuhi oleh pengunjung. Di bagian depan, tepat di pintu masuk, tamu langsung disambut dengan asap.

Ya, bakar ikan berada tepat di pintu masuk. Tamu juga bisa melihat langsung ikan-ikan segar yang "dipamerkan" di area yang sama. Menu favorit yang harus dipilih tentu saja ikan mujair bakar.

Ikan mujair bakar dihidangkan dalam satu piring dengan aneka sayur lalapan. Tak terlupa adalah sambal rica-ricanya yang terkenal pedas. Biasanya, sambal dihidangkan terpisah dengan diletakkan ke wadah kecil.

Anda bisa saja mengoleskan sambal langsung ke ikan atau daging ikan disobek lalu dicocol ke sambal. Terserah Anda. Tetapi, hati-hatilah, karena sambal pedasnya bukan main. Jika Anda tak jagoan dalam urusan pedas, sebaiknya terlebih dahulu daging ikan dicocol sedikit ke sambal.

Jangan lupa, sebelum mulai memakan ikan bakar, ikan diperciki terlebih dahulu dengan jeruk. Hmm, aroma jeruk yang menusuk berpadu dengan aroma asap ikan. Tekstur ikan yang lembut berpadu dengan sari pati ikan yang begitu lengas, menjadikan rasa ikan begitu nikmat dan terasa segar.

Apalagi ditambah dengan sambal rica-rica, pedasnya memang menusuk tetapi malah membuat makan ikan makin bernafsu. Harga seporsi ikan bakar mujair, sambal, sayur lalapan, dan nasi, dibandrol dengan harga Rp 55.000. Lumayan mahal memang. Namun sebanding dengan rasanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pedasnya Sambal Berpadu dengan Ikan Mujair Bakar

Dengan url

http://bangkabarita.blogspot.com/2012/10/pedasnya-sambal-berpadu-dengan-ikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pedasnya Sambal Berpadu dengan Ikan Mujair Bakar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pedasnya Sambal Berpadu dengan Ikan Mujair Bakar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger